KKB Minta Uang Tebusan Pilot Susi Air, Ini Kata TB Hasanuddin

Loading

Jakarta- Anggota Komisi I DPR Fraksi PDI-Perjuangan Mayjen (Purn) TB Hasanuddin mengatakan, sebenarnya founder Susi Air, Susi Pudjiastuti bisa saja menebus pilot Susi Air Philip Mark Methrtens dengan uang Rp 5 miliar kepada Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Menurut TB Hasanuddin, untuk ukuran nyawa, harga Rp 5 miliar adalah angka yang murah.

“Ini pendapat saya pribadi saja ya. Kalau dilihat dari jumlahnya Rp 5 miliar, itu mungkin bisa saja Bu Susi menutupnya. Jadi enggak ada masalah sebetulnya kalau dilihat dari jumlahnya. Untuk nyawa, ya relatif murah lah,” ujar TB Hasanuddin, Senin (3/7/2023).

Hanya saja, TB Hasanuddin mengingatkan, itu artinya negara tunduk kepada perompak apabila permintaan KKB tersebut dikabulkan.

TB Hasanuddin menegaskan bahwa penebusan uang kepada KKB akan menjadi preseden buruk bagi pemerintah Indonesia.

“Cuma masalahnya, kalau kita tunduk kepada tuntutan kelompok-kelompok seperti ini, yang meminta duit dengan cara melakukan penyanderaan, penculikan, dan sebagainya, berarti negara tunduk kepada perompak-perompak nanti. Dan ini preseden yang tidak baik,” katanya.

Meski demikian, TB Hasanuddin mengembalikan semua keputusan kepada pemerintah untuk mendiskusikan permintaan KKB tersebut.

Sebelumnya, KKB di bawah pimpinan Egianus Kogoya mengancam akan menembak Philips pada Sabtu (1/7/2023) lalu, setelah berakhirnya batas negosiasi yang mereka berikan.

Kemudian, Kepolisian Daerah (Polda) Papua mengungkap bahwa KKB pimpinan Egianus Kogoya meminta tebusan uang sebanyak Rp 5 miliar untuk membebaskan Pilot Susi Air, Philip Mark Merthens.