Cornelis Uji Coba Tanam Padi MSP-65 di Landak

Loading

Landak- Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PDI Perjuangan daerah pemilihan Kalimantan Barat 1, Drs. Cornelis, MH melakukan ujicoba tanam perdana benih padi Varietas MSP-65 di Wilayah Kalimantan Barat, tepatnya didaerah Kabupaten Landak pada Sabtu, (01/07/23) dan Minggu (02/07/2023).

Pada kesempatan yang bersamaan dengan kegiatan kunjungan kerja perorangan di dapilnya tersebut, Cornelis yang didampingi istri Ibu Federika Cornelis, turut diiringi juga oleh PPL dan para petani khususnya anggota Kelompok Tani “Coba Maju”, Dusun Bebehan, Desa Sidas, Kecamatan Sengah Temila.

“Varietas padi MSP-65 merupakan benih yang dikembangkan Laboratorium Ekonomi Gotong-Royong dan Sekolah Lapang Pertanian PDI Perjuangan di Cariu, Kabupaten Bogor “ujar Cornelis kepada awak media di kediamannya di Ngabang, Senin (03/07/2023).

“Padi MSP-65 ini hasil pemuliaan dan pemberian dari Bapak Ir. Mindo Sianipar dan benih ini merupakan varietas unggulan, karena hasil panen bisa setara dengan hibrida ditambah hasil panen diharap dapat dibuat benih lagi,” tambahnya.

Cornelis berharap bahwa sifat-sifat unggul dan istimewa yang dimiliki varietas benih MSP-65 diharapkan dapat memberikan alternatif pilihan bagi para petani untuk efiensi waktu budidaya tanaman padi dari masa tanam, sampai panen yang relatif singkat. Sebab, masa panen menjadi lebih cepat hanya selama 65 hari.

“Program penyebaran benih MSP65 merupakan bentuk pemberdayaan yang sudah lama dilakukan oleh Para Kader PDI Perjuangan, hal ini tentunya menjadi rangkaian kegiatan dalam menindaklanjuti instruksi Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri untuk ikut menjaga ketahanan pangan,” ujar Cornelis.

Cornelis menjelaskan, hal ini sebagai perwujudan nyata untuk membantu para petani di daerah Kabupaten Landak agar mendapatkan hasil panen padi yang optimal. Program ini juga untuk mewujudkan kedaulatan dan ketahanan pangan masyarakat.

“Saya secara pribadi akan terus menerus secara konsisten melakukan pendampingan dalam persoalan-persoalan rakyat dan akan terus mengawal dan melaksanakan instruksi Ibu Ketua Umum PDI Perjuangan untuk terus bersama masyarakat mewujudkan ketahanan dan kedaulatan pangan. Hal Ini sebagai solusi atas ketidak pastian cuaca, karena MSP-65 ini hanya cukup 65 hari, sejak tebar benih sudah dapat dipanen,” tutup Cornelis