TB Hasanuddin Serap Aspirasi Nelayan Pangandaran

Loading

Pangandaran- Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Mayjen TNI (p) TB Hasanuddin mengunjungi Pelabuhan Pendaratan Ikan atau PPI Cikidang di Desa Babakan Kecamatan Pangandaran, Rabu (2/8).

Kedatangan Koordinator Nasional Relawan Jaringan Rakyat Untuk Ganjar (Juragan) tersebut untuk melihat langsung aktivitas dan hasil tangkapan ikan, sekaligus berdialog mendengarkan aspirasi para nelayan.

“Kemarin sore saya bertemu dengan para nelayan yang hendak melaut, lalu hari ini saya ingin melihat hasil tangkapan nelayan ini,” kata TB Hasanuddin di lokasi.

Menurut Hasanuddin, nelayan Pangandaran mengeluhkan pantai di PPI Cikidang yang semakin dangkal hingga mereka kesulitan mendarat dan melakukan bongkar muat hasil laut.

“Memang pantai di PPI Cikidang ini saya lihat kondisinya sudah mendangkal dan harus segera dinormalisasi. Nanti akan segera saya sampaikan kepada Pemda Pangandaran agar ini menjadi priotitas,” tuturnya.

TB Hasanuddin juga mengungkapkan kondisi nelayan di pesisir Pantai Pangandaran yang masih belum sejahtera terlebih saat musim paceklik atau ikan sulit ditangkap lantaran nelayan memilih untuk tidak melaut. Sehingga, para nelayan ini nyaris tak mendapat penghasilan.

“Terlebih nelayan-nelayan Pangandaran ini yang statusnya buruh nelayan, menyewa pada pemilik kapal. Pembagiannya 20 persen untuk nelayan dan 80 persen untuk nelayan. Tentu ga akan cukup untuk kebutuhan sehari-hari,” tukasnya.

Dalam kunjungannya, TB Hasanuddin dan rombongan juga mencicipi ikan bakar hasil tangkapan nelayan. Sejumlah ikan laut seperti bawal, kerapu dan layang disajikan dan disantap bersama.