Penanaman pohon oleh Polri guna mengurangi polusi udara dan melakukan penghijauan. (ant)

Kurangi Polusi Udara, Polri Tanam 1 Juta Pohon

Loading

 

JAKARTA (IndependensI.com)- Guna memperbaiki udara yang semakin tercemar,
Kapolri menginstruksikan semua jajaran Polda se Indonesia, melakukan penanaman pohon di wilayah masing- masing.  Ditargetkan, sedikitnya  1 juta pohon baru, ditaman..

Penanaman pohon ini dilakukan dari tingkat Mabes Polri hingga 34 Pollda jajaran dalam rangka HUT RI ke-78 dan Sambut Hari Jadi ke-75 Polwan RI.

“Kegiatan penanaman pohon atau penghijauan dilaksanakan secara serentak di seluruh Polda, sampai dengan tingkat Polres tingkat Polsek,” ujar Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia  Irjen Dedi Prasetyo di Sekolah Polisi Wanita (Sepolwan), Ciputat, Jakarta Selatan, Jumat (18/8/2023).

Di jajaran Polda Metro Jaya, sebagai tindak lanjut program penghijauan tersebut, ditargetkan 15.000  pohon ditanam hingga tingkat Polsek.

Polda Metro Jaya mengambil langkah untuk  menjaga lingkungan dan bumi yang lebih baik kedepan. Secara simbolis, kegiatan berlangsung di Sekolah Polisi Negara Polda Metro Jaya, Jumat (18/8/2023).

Program Polri lestarikan negeri penghijauan sejak dini;  merupakan gagasan Kapolri Jenderal  Listyo Sigit Prabowo, ujar Kepala Biro   SDM Polda Metro Jaya Kombes  Langgeng Purnomo.
Disebutkan, kegiatan Polisi peduli penghijauan dilakukan ecara serentak, diantaranya di SPN Polda Metro Jaya serta di wilayah Polres serta Polsek Jajaran Polda Metro Jaya dengan melakukan penanaman 15.000 pohon.

Upaya ini merupakan  penyelamatan bumi melalui kegiatan Polisi peduli penghijauan. Kita awali di lingkungan Sekolah Polisi Negara Polda Metro Jaya dengan menanam sebanyak 5.000 pohon kemudian 10.000 pohon lainnya ditanam di 10 wilayah Polres Jajaran Polda Metro Jaya, masing-masing wilayah menanam 1.000 pohon. Pohon yang ditanam seperti pohon jati, sengon, dan buah-buahan,” ungkapnya.

Diharapkan,  penanaman pohon ini  dapat memberi manfaat untuk menjadikan lahan yang kosong lebih produktif dan manfaatnya juga bisa dirasakan langsung oleh masyarakat sekitar. (jonder sihotang)