Suasana Kongres Ikatan Notaris Indonesia XXIV di Tangerang, Banten, Kamis (31/8/2023) lalu. (Istimewa)

Kongres INI Gunakan Identitas Digital Privy

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Perusahaan start up penyedia layanan tanda tangan digital dan identitas digital, Privy turut terlibat di balik sukses Pemilihan Ketua Umum dan Anggota Dewan Kehormatan Pusat (DKP) Ikatan Notaris Indonesia (INI) secara i-voting dalam Kongres INI XXIV di Tangerang, Banten, Kamis (31/8/2023) lalu.

Pemilihan melalui sistem i-voting yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Aplikasi dan Informatika (Ditjen Aptika), Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo), berkolaborasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan empat Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE), termasuk Privy.

Pemilihan tersebut diikuti 16.864 notaris yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), dengan periode waktu pemilihan selama 9 jam mulai pukul 11.00 – 20.00 WIB. Dari total DPT tercatat sebanyak 1.896 orang mempergunakan hak suaranya melalui sistem i-voting. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) juga turut terlibat dalam mengamankan sistem pemungutan suara elektronik (i-voting) dengan melakukan penilaian keamanan teknologi informasi (ITSA) dan pengamanan pada perimeter jaringan dan host. Dengan upaya tersebut, proses i-voting dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Sistem i-voting ini adalah salah satu contoh nyata sejauh mana pemanfaatan identitas digital dapat mempermudah dan meningkatkan keamanan dalam proses demokrasi. Sistem ini mempermudah pemilih untuk dapat menggunakan suaranya dari mana saja sekaligus meningkatkan keamanan dengan menjamin identitas pemilih yang terverifikasi,” ujar CTO & Founder Privy, Guritno Adi Saputra melslui keterangan tertulis, Selasa (5/9/2023).

Lebih jauh Guritno Adi menegaskan, penggunaan teknologi identitas digital tidak hanya terbatas pada proses pemilihan saja. “Penerapan identitas digital Privy memiliki potensi besar untuk diadopsi sebagai solusi tepat guna dalam berbagai pertukaran data yang memerlukan tingkat verifikasi yang tinggi, tidak hanya dalam konteks pemilihan, tetapi juga dalam berbagai sektor lainnya seperti asuransi, fintech, pendidikan, kesehatan dan pariwisata,” tambahnya.

Sebagai Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) yang telah berinduk ke Kominfo, Privy sudah memverifikasi lebih dari 40 juta pengguna individu di Indonesia dan dipercaya oleh lebih dari 2.600 perusahaan, serta lebih dari 150 juta dokumen telah ditandatangani secara digital melalui Privy.

Pemanfaatan Teknologi

Sebagai salah satu PSrE yang terlibat, Privy menekankan potensi pemanfaatan teknologi identitas digital dalam proses demokrasi yang lebih mudah dan terverifikasi. Identitas digital Privy berbasis penerbitan sertifikat elektronik dimana identitas para pengguna telah terlebih dahulu diverifikasi keabsahannya melalui data kependudukan yang ada di Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Melalui identitas digital Privy, para Notaris yang tersebar di seluruh Indonesia dapat melakukan pemilihan Ketua Umum dan Anggota DKP PP INI dengan lancar dan aman.

“Penggunaan teknologi elektronik dalam kegiatan tersebut telah memberi banyak kemudahan bagi anggota INI dalam menggunakan hak pilihnya. Dengan sistem pemilihan i-voting, setiap anggota yang telah memenuhi syarat untuk menggunakan hak pilihnya, dapat memilih dari mana saja tanpa harus hadir ke lokasi kongres, bahkan dari luar negeri sekalipun. Penggunaan hak pilih melalui teknologi elektronik tersebut telah memberi keuntungan bagi anggota tanpa harus mengeluarkan banyak dana, waktu dan tenaga, untuk dapat berpartisipasi dalam menggunakan hak pilihnya. Organisasi INI telah menyediakan ruang yang sangat luas bagi anggotanya untuk dapat menggunaan hak pilihnya,” ungkap Ketua Bidang Organisasi PP INI, Taufik, SH, MK.

Tri Firdaus Akbarsyah, SH, MH terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia (PP INI) periode 2023-2026. Selanjutnya, Yualita Widyadhari, SH, M.Kn, Firdhonal, S.H, Alwesius S.H., MKn., dan Dr. Hapendi Harahap, SH., M.H. ditetapkan sebagai Anggota Dewan Kehormatan Pusat Ikatan Notaris Indonesia periode 2023-2026.