Ilustrasi (Sumber: pixabay.com)

Simak Alasan Mengapa Harus Siapkan Dana Pensiun Sejak Dini

JAKARTA (IndependensI.com) – Sebagai seseorang yang bijak, Anda perlu tahu bahwa dana pensiun harus disiapkan sejak dini. Ada banyak alasan mengapa Anda harus siapkan dana pensiun ini, yang salah satunya tentu saja untuk meringankan beban hidup di masa tua.

Seperti diketahui, dana pensiun merupakan sebuah denah yang dikumpulkan untuk Anda dapatkan manfaatnya ketika sudah masa pensiun tiba. Jadi ketika tubuh sudah renta dan tidak mampu bekerja lagi, Anda tetap bisa penuhi kebutuhan hidup tanpa bergantung pada orang lain.

Alasan Pentingnya Siapkan Dana Pensiun

Ketika ingin mengumpulkan dana pensiun, tentu tidak bisa Anda lakukan ketika sudah mendekati usia pensiun. Akan lebih baik jika menyiapkannya ketika Anda masih menjadi generasi milenial alias masih muda. Berikut beberapa alasan pentingnya siapkan dana pensiun.

1.     Biaya Hidup Semakin Tinggi

Tentu bukan sesuatu yang asing lagi jika biaya hidup tiap tahun akan semakin meningkat. Harga kebutuhan pokok di tahun 2020 dengan tahun 2040 tentu sangat berbeda. Akan semakin tinggi nilainya dan itu adalah hal yang wajar.

Makanya perlu bagi Anda untuk menyiapkan dana pensiun ini, agar kehidupan di masa depan lebih terjamin.

Di sisi lain, menabung untuk dana pensiun sejak dini juga akan lebih meringankan beban. Apalagi kebutuhan Anda di umur 20-an ini juga belum terlalu banyak.  Terlebih untuk yang belum menikah, Anda bisa menyiapkan dana pensiun sebanyak-banyaknya pada waktu tersebut.

2.     Semakin Cepat Akan Lebih Baik

Mempersiapkan dana pensiun di usia muda tentu akan lebih baik karena alokasi dana yang akan disiapkan semakin sedikit. Misalnya saja, Anda sekarang berusia 30 tahun dan ingin pensiun di usia 55 tahun. Makanya masih punya waktu untuk mengumpulkan dana ini selama 30 tahun.

Biasanya orang-orang memilih untuk membuat dana pensiun baik lewat tabungan maupun investasi. Jika melakukan investasi sejak usia muda, maka nominal keuntungan yang Anda dapatkan untuk rentang waktu yang lama juga akan semakin banyak. Bahkan jika Anda mengalami kesalahan investasi, masih bisa mengganti instrumen tersebut karena waktunya juga masih cukup.

3.     Punya Motivasi Tinggi Untuk Menabung

Saat masih muda dan tidak punya target, biasanya orang-orang lebih cenderung susah untuk menabung. Tetapi jika Anda punya target untuk memenuhi dana pensiun, akan ada motivasi tinggi untuk konsisten menabung. Apalagi jika Anda sudah mulai menabung di usia 20-an, maka akan tetap rajin menabung sampai masa pensiun.

Tidak hanya itu saja, orang yang rajin menabung cenderung akan mampu melakukan perencanaan keuangan lebih baik lagi. Jadi otomatis untuk perencanaan dana pensiun, Anda akan semakin jadi ahli.

4.     Mencegah Munculnya Generasi Sandwich

Mungkin beberapa dari Anda masih asing untuk mendengar istilah Generasi Sandwich. Generasi ini merupakan orang-orang yang hidupnya terhimpit pada dua beban untuk membiayai dua generasi berbeda.

Maksudnya adalah Generasi Sandwich merupakan sekelompok  orang yang punya beban untuk membiayai anak dan juga orang tua yang sudah lanjut usia. Tapi ketika  punya dana pensiun, Anda tentu tidak akan masuk dalam kategori generasi ini. Sebab Anda bukanlah kategori orang tua yang akan menggantikan hidup pada anak ketika sudah pensiun nanti.

Tentu sekarang Anda sudah alasan pentingnya siapkan dana pensiun sejak dini. Nah salah satu instrumen investasi yang bisa Anda lakukan untuk menyiapkan dana pensiun adalah dengan tabungan deposito.

Anda bisa membuka tabungan deposito secara online dengan mudah yaitu di Aplikasi Senyumku dari Bank Amar. Senyumku adalah layanan perbankan digital yang tidak hanya memudahkan Anda untuk menabung tapi juga mengatur keuangan hanya di satu aplikasi.

Download Aplikasi Senyumku sekarang juga dan dapatkan kemudahan untuk menabung secara online. Karena dengan Senyumku, Anda bisa menabung dimana saja dan kapan saja hanya melalui smartphone.

 

Sumber:

https://www.idntimes.com/business/finance/rivandi-pranandita-putra/alasan-kenapa-kamu-perlu-mempersiapkan-dana-pensiun-sekarang-c1c2

https://review.bukalapak.com/finance/alasan-kamu-harus-siapkan-dana-pensiun-mulai-dari-sekarang-97732

https://www.beautynesia.id/berita-financial/5-alasan-perlu-siapkan-dana-pensiun-sejak-muda-dan-cara-mengumpulkannya/b-213167

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *