Menteri Basuki Lepas Kepulangan Perdana Menteri Li Qiang

Loading

JAKARTA (Independensi.com)  – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendapat penugasan dari Pemerintah Indonesia untuk mengantarkan kepulangan Perdana Menteri Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Li Qiang di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Banten, Jumat (8/9/2023). Rombongan Perdana Menteri RRT Li Qiang lepas landas dari Bandara Soetta sekitar pukul 14.45 WIB menuju Beijing setelah menghadiri serangkaian pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-China ke-26 di Jakarta.

Kembalinya Perdana Menteri RRT Li Qiang dari Indonesia ini sekaligus juga menandai bahwa rangkaian kegiatan KTT ke-43 ASEAN di Jakarta telah berakhir dengan baik, serta penuh semangat persahabatan. Pada 2023, hubungan negara-negara ASEAN dengan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) memasuki usia ke-20 tahun dan telah dituangkan dalam Perjanjian Persahabatan dan Kerja Sama.

KTT Ke-43 ASEAN diselenggarakan di JCC pada 5-7 September 2023. KTT yang diketuai oleh Indonesia ini mengambil tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth“,  bermakna bahwa Indonesia ingin ASEAN menjadi relevan dan penting serta menjadi pusat pertumbuhan ekonomi.

Menteri Basuki berperan sebagai Penanggung Jawab Bidang Pelaksanaan KTT dan Logistik, sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 5 Tahun 2023 mengenai Panitia Nasional Keketuaan Indonesia pada ASEAN Tahun 2023. Dukungan infrastruktur turut memberikan andil dalam keberhasilan penyelenggaraan KTT Ke-43 ASEAN salah satunya rehabilitasi Jakarta Convention Center (JCC) sebagai venue utama dan peningkatan kualitas jalan di dalam kawasan Gelora Bung Karno. (wst)