Harhubnas, Konektivitas Moda Perhubungan di Jawa Barat Melaju untuk Transportasi Maju

Loading

CIREBON (IndependensI.com) – Puncak Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023 ini diselenggarakan di Kab Cirebon Jawa Barat pada tanggal 17-18 September 2023.

Dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional tahun 2023, Dishub Provinsi Jawa Barat dengan Dishub Kab/Kota se-Jawa Barat menyelenggarakan serangkaian acara istimewa yang dilaksanakan untuk merayakan peran penting sektor perhubungan dalam pembangunan dan kemajuan daerah.

Peringatan ini akan menjadi momen bersejarah untuk merayakan pencapaian, mendorong inovasi, dan merangkul masa depan transportasi yang lebih baik.

Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Perhubungan Nasional tahun 2023 di Jawa Barat telah dilaksanakan dalam periode 27 Agustus 2023 hingga 18 September 2023.

Berbagai kegiatan dan acara yang melibatkan semua pemangku kepentingan sektor perhubungan, termasuk pemerintah, pelaku usaha, akademisi, dan masyarakat umum telah diselenggarakan.

Pada Tahun ini, peringatan Harhubnas bukan hanya seremonial namun juga diisi dengan kegiatan yang bermanfaat dan dapat lebih memperkenalkan upaya perbaikan pelayanan transportasi bagi masyarakat.

Acara-acara tersebut meliputi:

1. West Java Future Masstrans, Launching Angkutan Massal berbasis BRT (Trans Bagja), Pameran Bus Listrik, simulasi reformulasi angkutan tradisional ke angkutan modern yang sudah diselenggarakan pada tanggal 27 Agustus 2023 yang berlokasi di IKEA Kota Baru Parahyangan.

2. Pengenalan dunia dirgantara dalam acara WJF (West Java Festival) yang sudah diselenggarakan pada tanggal 2 – 3 September 2023 yang berlokasi di Gedung Sate.

3. Pameran produk fasilitas prasarana lalu lintas yang diselenggarakan pada tanggal 17 September 2023 yang berlokasi di GOR Ranggajati Sumber.

Pada acara pameran ini akan memamerkan berbagai inovasi dalam sektor transportasi, termasuk ITS, teknologi terbarukan, dan proyek-proyek infrastruktur yang sedang berlangsung di Jawa Barat.

4. Forum Grup Diskusi (FGD) yang diselenggarakan pada tanggal 17 September 2023 di Kantor Bupati Cirebon.
1. Forum Grup Diskusi dengan tema-tema Perhubungan: FGD ini akan menjadi wadah bagi para ahli, praktisi, dan pemangku kepentingan untuk berdiskusi tentang tren terbaru dalam sektor perhubungan, termasuk teknologi transportasi masa depan.

2. Karnaval yang memperkenalkan layanan dan inovasi transportasi dari Dinas Perhubungan Kota/Kabupaten se-Jawa Barat yang diselenggarakan pada tanggal 17 September 2023 di Taman Parkir Sumber Cirebon.

5. Uji Emisi yang akan dilaksanakan serentak di masing-masing Kab/Kota pada tanggal 23 September 2023 berkolaborasi dengan PT. Astra Internasional.

6. Sebagai acara puncak, yaitu Upacara Peringatan Hari Perhubungan Nasional Tingkat Provinsi Jawa Barat merupakan acara puncak yang akan diselenggarakan pada tanggal 18 September 2023 di Stadion Ranggajati Sumber Cirebon.

Seluruh Peserta Upacara serta petugas Upacara terdiri dari perwakilan Kepala Dinas Perhubungan Kota/Kabupaten se-Jawa Barat.

Berbagai penghargaan kepada individu dan lembaga yang telah berkontribusi signifikan dalam pengembangan sektor perhubungan di provinsi ini juga akan diberikan, sebagai bentuk apresiasi dan terima kasih dari pemerintah kepada insan perhubungan yang telah berkontribusi bagi kemajuan transportasi.
.
Pada acara ini hadir sebagai pembina Upacara Perhubungan Bupati Kabupaten Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag, menyampaikan harapan melalui acara ini, sistem transportasi yang telah eksisting di Kabupaten Cirebon dapat lebih meningkat serta problematika yang muncul diakibatkan oleh tingginya pergerakan masyarakat dan barang di Kabupaten Cirebon agar dapat lebih ditertibkan.

Peringatan Hari Perhubungan Nasional tahun 2023 merupakan momen penting untuk meningkatkan kolaborasi dan sinergitas secara optimal pada tubuh insan transportasi dalam mewujudkan sistem transportasi yang berkelanjutan untuk memberikan pelayanan yang optimal terhadap masyarakat. Sebagai bagian dari mewujudkan nilai cinta tanah air, mari bergotong royong untuk meningkatkan kontribusi dan bakti terhadap ibu pertiwi.

Peringatan Hari Perhubungan Nasional tahun 2023 di Jawa Barat akan menjadi momentum mempererat dan memperkuat komitmen seluruh insan Perhubungan dalam meningkatkan layanan transportasi, untuk konektivitas dan mobilitas yang lebih baik bagi masyarakat Jawa Barat.

Pada kesempatan yang sama, Ir. A Koswara MP, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Perhubungan sedang membangun sistem transportasi massal terintergrasi, diharapkan nantinya setelah ekosistem terbentuk seluruh transportasi massal di Jawa Barat akan berbasis listrik sehingga ramah lingkungan, hal ini agar masyarakat tertarik untuk beralih ke transportasi massal sebagai alat untuk bermobilitas. ()