Abidin Fikri Sosialisasikan Peluang & Perlindungan Pekerja Migran di Bojonegoro

Loading

Bojonegoro-Anggota Komisi IX DPR RI, Abidin Fikri dan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) menggelar Sosialisasi Peluang Kerja Luar Negeri dan Migrasi Aman di Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur, baru-baru ini.

Sosialisasi itu dilakukan di Desa Grebegan serta Desa Leran, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro.

Abidin dan BP2MI juga melakukan Sosialisasi Peran Serta Masyarakat Dalam Program Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia, di Desa Panjunan, Kecamatan Kalitidu.

Abidin menyatakan seluruh sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi dan motivasi kepada calon Pekerja Migran Indonesia (PMI),  agar berangkat ke Luar Negeri secara prosedural dan aman.

“Pekerja Migran Indonesia bisa bekerja ke luar negeri dengan memenuhi persyaratan dan mengikuti prosedur sehingga dapat berangkat secara legal atau prosedural, serta aman agar terhindar dari eksploitasi,” ungkap Abidin.

Politisi PDI Perjuangan itu menyatakan, keberangkatan PMI secara prosedural dan legal saat ini diberi kemudahan melalui ekosistem digital.

Saat ini sudah ada aplikasi bernama Aplikasi SIAPkerja (Sistem dan Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan) yang diluncurkan sejak Januari 2022. Aplikasi ini merupakan strategi pemerintah dalam memberikan layanan yang masif, terjangkau dan adil terkait ketenagakerjaan bagi seluruh masyarakat.

“Bagi para calon PMI, silakan cari informasi sebanyak banyaknya untuk bekerja ke Luar Negeri, baik itu mengenai Negara tujuan, maupun jenis pekerjaan. Dan berangkatlah melalui jalur yang prosedural, agar apapun yang terjadi nanti, anda tetap dilindungi negara,” ujar Abidin.