Ganda putra Fajar Alfian (kanan) dan Muhammad Rian Ardianto melaju mulus ke babak 16 besar turnamen bulutangkis Daihatsu Indonesia Masters 2024 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (23/1/2024). Keduanya mengalahkan pasangan China Taipei, Lee Jhe-Huei/Yang Po-Hsuan dengan skor 21-16, 21-14. (Independensi/Foto-foto: Tyo Pribadi)

Fajar/Rian dan Leo/Daniel Melaju

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melaju mulus ke babak 16 besar turnamen bulutangkis Daihatsu Indonesia Masters 2024 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (23/1/2024). Duet unggulan tujuh ini berhasil menundukkan pasangan China Taipei, Lee Jhe-Huei/Yang Po-Hsuan dengan skor 21-16, 21-14.

Pada turnamen BWF Super 500, juara All England 2023 itu bertekad ingin memperbaiki penampilan seusai tidak maksimal saat tampil pada dua turnamen awal tahun di Malaysia dan India Open 2024. Peraih medali perak Asian Games 2018 itu berharap performanya kembali bisa stabil untuk bisa kembali bersaing pada setiap babak yang dilalui.

“Berbicara tekanan sejauh ini kami hanya ingin menampilkan permainan terbaik setelah di dua turnamen pada Malaysia dan India Open 2024 tidak tampil maksimal,” ucap Fajar seperti dikutip dari Humas PBSI. “Saya berharap pada turnamen ini kami bisa maksimal dan memberikan pembuktian bahwa bulutangkis Indonesia masih kuat,” imbuhnya lagi.

Juara Malaysia Open 2023 itu mengaku mempersiapkan diri dengan matang untuk menghadapi turnamen Daihatsu Indonesia Masters 2024. Diharapkan dengan beberapa evaluasi yang dilakukan selama ini bisa segera mengembalikan performa pasangan berakronim FajRi tersebut.

“Masukan dari pelatih agar kami bisa mengasah terus kekurangan kami selama ini. Menghadapi pertandingan babak kedua kami mau fokus terlebih dahulu supaya bisa menampilkan permainan terbaik,” tambah Fajar.

Dengan kemenangan ini Fajar/Rian akan jumpa wakil Malaysia, Man Wei Chong/Kai Wun Tee. Pada pertandingan sebelumnya tercatat wakil Negeri Jiran tersebut mengalahkan pasangan Denmark, Andreas Sondergaard/Jesper Toft lewat pertarungan sengit 17-21, 21-10, 21-14.

Sementara itu ganda putra tuan rumah lainnya, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin mengikuti langkah Fajar/Rian ke babak 16 besar Daihatsu Indonesia Masters 2024. Pasangan ranking 11 dunia itu memastikan diri ke babak kedua turnamen BWF Super 500 tersebut seusai mengalahkan wakil Jerman, Mark Lamsfuss/Marvin Seidel dengan skor 21-16, 21-17.

Leo/Daniel mengaku sempat terpancing emosinya saat pasangan ranking 29 dunia itu saat banyak melakukan protes. Hal tersebut membuat juara bertahan turnamen Daihatsu Indonesia Masters itu menjadi kehilangan fokus sehingga lawan bisa memperkecil kedudukan.

Beruntung runner up Hong Kong Open 2023 itu bisa bangkit dan kembali konsisten untuk mengembalikan kedudukan sebelum akhirnya menang dalam tempo 46 menit atas Mark/Marvin. “Pada pertandingan hari ini kami sempat terbawa suasana permainanan lawan. Mereka sering memancing emosi kami sehingga permainan kami tidak tenang. Kami perlahan bermain lebih tenang dan terbukti bisa mengembalikan kedudukan dan meraih kemenangan,” ungkap Leo.

Dengan kemenangan ini, pasangan berakronim LeoNil itu mengakhiri rekor buruk di dua turnamen awal tahun pada Malaysia dan India Open 2024 yang gagal ke 16 besar. Tercatat pada dua turnamen tersebut peraih medali emas SEA Games 2021 itu langsung tersingkir di babak pertama.

Juara Thailand Masters 2023 tersebut berharap hasil manis di awal turnamen Daihatsu Indonesia Masters 2024 itu menjadi titik balik kebangkitan Leo/Daniel. Terlebih Leo/Daniel akan bertanding di hadapan penggemar bulutangkis Tanah Air yang pasti akan memberikan dukungan penuh kepada pemain tuan rumah.

“Bermain di rumah sendiri yakni di Istora Senayan membuat kami ingin menampilkan permainan terbaik. Apa pun hasilnya kami ingin berusaha dan tidak mau cepat puas,” tambah Leo. “Menghadapi babak berikutnya, kami harus mempersiapkan diri lebih siap lagi dan menjaga kondisi dengan istirahat yang cukup,” tambah Daniel.