Gus Falah Dukung SKK Migas Lakukan Tajak Sumur Di Banggai

Loading

Jakarta- Anggota Komisi VII DPR-RI Nasyirul Falah Amru (Gus Falah) mendukung Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) yang bersama PT Pertamina EP melakukan tajak sumur eksplorasi Julang Emas (JLE)-001 di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Gus Falah menegaskan, tajak sumur itu penting dilakukan dalam rangka menemukan cadangan migas baru.

“Bila tajak sumur eksplorasi ini berhasil, maka cadangan minyak bertambah. Ketika cadangan bertambah, produksi migas nasional pun meningkat, sehingga upaya SKK Migas ini harus didukung,” ujar Gus Falah, Kamis (1/2/2024).

Politisi PDI Perjuangan itu melanjutkan, melalui upaya tersebut, SKK Migas sedang berusaha memberikan kontribusi nyata bagi negara untuk mendukung program 1 juta barel minyak per hari (BOPD) dan 12 miliar kaki kubik gas bumi per hari (BSCFD) di 2030.

Gus Falah juga mengatakan, upaya SKK Migas itu akan mempercepat pemanfaatan 40 juta barel cadangan minyak.

“Semoga upaya SKK Migas ini berhasil, apalagi Sulawesi memiliki potensi migas yang luar biasa,” ujarnya.

Seperti diketahui, pengeboran onshore bersama Pertamina EP selaku kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) itu dilakukan pada Selasa (30/1) dan merupakan rangkaian pengeboran eksplorasi Indonesia bagian tengah di wilayah Sulawesi yang sebelumnya sudah mengerjakan pengeboran Eksplorasi East Wolai (EWO)-001 dan West Wolai (WWO)-001 pada kuartal-IV 2023.

Sumur Julang Emas (JLE)-001 terletak di Lapangan Donggi, tepatnya di Kabupaten Banggai, Sulteng. Sumur eksplorasi tersebut akan dibor secara directional menggunakan rig PDSI #04.3 dengan rencana kedalaman akhir sumur di 2000-an metre measured depth (mMD).