PT Elnusa Petrofin (EPN) komitmennya yang kuat untuk melanjutkan program Corporate Social Responsibility beberapa waktu lalu.

Elnusa Petrofin: Membangun Ekonomi Lokal dan Menghijaukan Indonesia untuk Masa Depan yang Berkelanjutan

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – PT Elnusa Petrofin (EPN) mengumumkan komitmennya yang kuat untuk melanjutkan program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan fokus pada pemberdayaan masyarakat dan penghijauan guna mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan mengurangi emisi karbon di Indonesia.

Sebagai anak perusahaan dari PT Elnusa Tbk, Elnusa Petrofin telah sukses dalam melaksanakan lebih dari 993 kegiatan CSR di seluruh Indonesia pada tahun 2023, memberikan manfaat kepada lebih dari 70.000 penerima manfaat. Tahun ini, EPN menargetkan lebih dari 1.000 kegiatan CSR dengan peningkatan fokus pada pelatihan peningkatan kompetensi masyarakat dan pembinaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah operasinya.

Menurut Putiarsa Bagus Wibowo selaku Manager Corporate Communication & Relations PT Elnusa Petrofin, program CSR ini dirancang untuk menjawab isu-isu sosial, memenuhi kebutuhan masyarakat, dan mendukung agenda pembangunan berkelanjutan. Dalam upaya mencapai target Sustainable Development Goals (SDGs), EPN akan memusatkan perhatian pada delapan target SDGs, termasuk penanganan perubahan iklim dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Salah satu inisiatif utama Elnusa Petrofin adalah program konservasi hutan mangrove di Juru Sebrang, Kabupaten Belitung. Melalui program ini, telah dilakukan peningkatan jumlah rumah pembibitan mangrove dan penanaman pohon untuk mempercepat pemulihan lahan kritis, sejalan dengan Program Net Zero Emission dari Pemerintah. Program konservasi mangrove ini juga akan diimplementasikan dalam bentuk eduwisata untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan menciptakan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan.

Selain itu, untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat di wilayah operasinya, Elnusa Petrofin telah meluncurkan program UMKM Academy. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengembangan UMKM baru yang didukung oleh potensi lokal di sekitarnya. Melalui strategi ini, diharapkan mampu menciptakan UMKM baru yang dapat berdampak positif pada penurunan angka pengangguran terbuka di wilayah setempat.

Keberhasilan konsistensi perusahaan dalam menggelar program CSR telah diakui dan diapresiasi oleh pemerintah setempat. Beberapa penghargaan yang diterima termasuk Penghargaan Kontribusi Program Bank Sampah dari Dinas Lingkungan Hidup Cilegon, Penghargaan BKKBN Kota Gunung Sitoli atas kontribusi dalam Cegah Stunting, dan Penghargaan Kampung Iklim (Proklim) Kategori Utama Kota Banjarmasin.

Dengan komitmen yang kuat untuk membangun ekonomi lokal dan menghijaukan Indonesia, Elnusa Petrofin terus bergerak maju menuju masa depan yang berkelanjutan bagi semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *