Foto : Pijet akupuntur di Balai KWG

Ratusan Masyarakat Menikmati Akupuntur dan Pemijatan di Balai KWG

Loading

GRESIK (independensi.com) – Dalam.memeriahkan peringatan Hari Pers Nasional (HPN), Komunitas Wartawan Gresik (KWG) bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat secara khusus mengadakan pengobatan gratis kepada masyarakat.

Kegiatan bertajuk Bakti Sosial KWG bersama Dinkes Gresik dan Sub Layanan Kesehatan Tradisional PKM Alun-alun berkolaborasi dengan P3AI. Serta di dukung Healthy Smart Indonesia (HSI) berlangsung di Balai Wartawan, Selasa (5/3).

“Pengobatan gratis ini ada dua macam, medis dan tradisional. Ini sangat membantu pemerintah, dalam upaya menyehatkan masyarakat Kabupaten Gresik,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik, dr Mukhibatul Khusnah.

Kadinkes berharap, bakti sosial yang diselenggarakan KWG ini bisa berkelanjutan dan merata di seluruh lapisan masyarakat. “Kegiatan ini sangat mendukung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik, dimana saat ini Gresik  sudah 100 persen Universal Health Coverage (UHC),” ujarnya.

“Untuk bisa menikmati UHC, masyarakat cukup membawa KTP ke  Puskesmas sebagai jujugan primer, Kalau RS rujukan sekunder pasien,” tuturnya dengan mengucapkan sukses berkali-kali terhadap kegiatan positif KWG itu.

Sementara Ketua P31 (Persaudaraan Pelaku & Pemerhati Akupresur  Indonesia), Umar mengucap terimakasih karena diajak KWG dalam upaya menyehatkan masyarakat.

“Kita selalu support program Dinkes, karena konsep kesehatan kita sama dengan Dinkes. Apalagi kita sudah memiliki terapis di seluruh wilayah di Gresik,” tuturnya.

“Selain memberikan pelayanan kesehatan secara tradisional, P3I juga memberi edukasi melalui pihak kelurahan,” sambungnya.

Sedangkan, Ketua Panitia HPN KWG, Rohim mengaku senang, melihat antusiasme masyarakat sekitar Balai KWG yang sejak pagi sudah antri untuk bisa mengikuti pengobatan gratis.

“Terus terang saya tidak menduga antusias masyarakat sangat tinggi, ini menunjukkan kehadiran KWG sangat diterima dan kegiatannya selalu ditunggu masyarakat,” imbaunya.

Dalam peringatan HPN 2024 lanjut Rokok, KWG masih memiliki agenda acara lagi di GressMall pada 22 April mendatang. Yaitu, Tumpeng Nasi Krawu yang merupakan tradisi rutin KWG saat merayakan HPN pada setiap tahunnya hingga mendapat respon positif Bupati Gresik dan masyarakat.

“Selain Tumpeng Nasi Krawu,  di tempat yang sama juga kita adakan santunan anak yatim, basar yang melibatkan puluhan  UMKM, Podcast serta live musik yang dibawakan anggota KWG,” tandasnya.

“Acara terakhir rangkaian  HPN 2024, adalah Ngopi Hukum, yang rencananya dijadwalkan pada 6 Mei. Acara ini, bakal.melibatkan Asosiasi Kepala Desa (AKD), kepala sekolah se Kabupaten Gresik,” tambahnya.

Senada disampaikan Ketua KWG Miftahul Arief, yang merasa gembira, karena bakti sosial ini bisa diterima dan didatangi banyak masyarakat.

“Ini kerja cerdas sekaligus sat set dari panitia. Terima kasih untuk semuanya,  semoga niat kita menyehatkan masyarakat dikabulkan Tuhan Yang Maha Esa,” pungkasnya. (Mor)