Peta Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Pemkab Bekasi Revisi RTRW Prioritaskan Penanggulangan Bencana

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Guna memudahkan mitigasi dan terdapatnya potensi bencana alam, Pemerintah Kabupaten Bekasi merevisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) 2011 – 2031. Revisi itu dinilai perlu dilakukan karena terdapat potensi bencana alam yang dipicu oleh sesar baribis yang melintang disebagian wilayah Kabupaten Bekasi.

Penjelasan itu diungkapkan Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) Kabupaten Bekasi, Benny Sugiarto, kemarin. Revisi tata ruang ini dilakukan untuk memudahkan mitigasi bencana gempa bumi dan banjir dengan membangun sarana prasarana pendukung diluar zona rawan bencana. Kini revisi sudan berjalan dan hampir rampung, katanya.

“Target kami revisi RTRW rampung pada tahun ini. Prioritas kami kebijakan untuk penanganan gempa bumi dan banjir,” ujar Benny.

Sementara, Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan menambahkan dengan ditemukannnya potensi bencana yang disebabkan sesar baribis dari tim penyusun RTRW ini, Pemerintah akan membuat langkah-langkah prioritas keselamatan masyarakat.

“Kita siapkan mitigasi dengan mengosongkan wilayah yang dilintasi sesar baribis atau penguatan bangunan tahan gempa berikut jalur dan titik evakuasi,” tandas Dani.

Ini merupakan langkah antisipasi yang kita lakukan. Dan jika bencana terjadi, kita sudah lebih awal dapat Mengantisipasi nya. Dengan demikian, dampak bencana dapat  diminimalisir. (jonder sihotang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *