Kementerian PUPR : Pelayanan Mudik Lebaran Tahun lalu Sangat Baik

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjanaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Panca Dharma Oetojo berharap agar pelayanan jalan tol terus ditingkatkan saat mudik lebaran tahun 2024.

“Tingkat kepuasan pelayanan mudik lebaran sudah sangat baik  sehingga harus dipertahankan bahkan terus untuk ditingkatkan,” harap Panca Dharma Oetojo  dalam Media Gathering, di Jakarta, Selasa (2/4).

Panca mengutarakan tingkat pelayanan mudik lebaran telah mendapat respon masyarakat sangat baik pada tahun lalu, dengan nilai diatas 85% sesuai yang diuraikan Kakaorlantas Polri. “Respon ini setidaknya diharapkan dapat dipertahankan dan ditingkatkan, khususnya bagi pelayanan jalan tol,” ujarnya.

“Kementerian PUPR terus berkoordinasi dengan Kemenhub serta BUJT untuk memenuhi standar layanan jalan tol agar jalan nasional digunakan mudik dengan aman dan nyaman.”Melalui kegiatan media gathering, ini terus menjalin silaturahmi, teman media agar mendukung tugas penyelenggaraan infrastruktur transportasi, khususnya jalur mudik ini,” pungkas Panca

Puncak Arus Mudik dan Balik

Sementara  Corporate Communication & Community Development Group Head, PT Jasa Marga (Persero) Tbk,  Lisye Octaviana mengatakan, beberapa titik krusial arus mudik  yang menjadi perhatian, khususnya  di KM 66 Jalan Tol Jakarta Cikampek, yang merupakan pertemuan serta perpisahan antara arah Bandung dan arah Tol Cipali menuju Trans Jawa.

Lisye Octaviana mengutarakan, puncak arus mudik diperkirakan pada Sabtu, 6 April 2024. Diperkirakan volume lalin naik 5,94% dibanding tahun sebelumnya, dan tahun ini lebih tinggi dari puncak lalin mudik sepanjang sejarah.

“Sementara, untuk arus balik akan terjadi kenaikan 4,29% dengan perkirakan puncak arus mudk pada 15 April 2024 atau H+4. “Hari tersebut merupakan waktu puncak arus balik karena tanggal 16 April sudah bekerja kembali.,”jelas Lisye.

“Selain pengaturan lalin, lanjut Liesye, juga Jasa Marga menyiapkan Rest Area Favorite dengan pengaturan secara khusus. Seperti pengaturan one way di dalam Rest Area, serta meminimalisir tumpahan trafik ke ruas tol diluar Rest Area. “Kita juga siapkan sebanyak 49 Unit SPKLU untuk penyediaan charging kendaraan listrik,” lanjut Lisye..

Diskon Tarif Tol

Lisye Octaviana mengatakan, bahwa tarif tol Japek diberlakukan diskon 20% antara tanggal 3 April 2024 mulai pukul 05.00 sampai dengan tanggal 5 April 2024 pukul 05.00. Hal ini kiranya mendapatkan perhatian kepada calon pemudik untuk berangkat lebih awal agar bisa mengurangii kemacetan pada mudik lebaran tahun ini.

Untuk  arus balik, diskon tarif tol akan diberlakukan untuk ruas Japek antara 17-19 April 2024. Diskon ini diberlakukan untuk pemudik dengan perjalanan terus menerus antara Jakarta sampai GT Kalikangkung, Semarang.“Jangan lupa bagi pemudik untuk mengecek isi saldo E Toll jangan sampai kurang. Demikain juga hindari waktu favorite seperti habis buka puasa serta habis sahur.”pungkas Lisye.(wst)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *