Seorang pebasket tengah melakukan aksinya dalam Slam Dunk Contest Indonesian Basketball League (IBL) All-Star 2024 di Britama Arena, Jakarta, Sabtu (26/4/2024). (Foto-foto: Tyo Pribadi/Independensi)

Laga IBL All Star Berlangsung Meriah

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Pebasket Pandu Wiguna menjadi raja slam dunk dalam Slam Dunk Contest Indonesian Basketball League (IBL) All-Star 2024 di Britama Arena, Jakarta, Sabtu (26/4/2024). Acara slam dunk ini sebagai pembuka laga IBL All-Star antara tim Legacy dan Future. Selain itu, pertandingan tersebut dimeriahkan Tripoin Kontes, pertandingan selebritas, hingga skill challenge.

Seperti dikutip dari Antara, pebasket Prawira Harum Bandung itu sukses mengalahkan Michael Qualls dari Borneo Hornbills dan Zoran Talley Jr dari Amartha Hangtuah Jakarta. Awalnya kontes tersebut diikuti empat pemain yang berlaga dalam IBL 2024, tetapi David Nuban dari Rans Simba Bogor gagal mengikuti pesta para bintang itu karena  cedera.

Kemenangan itu membuat Wiguna dikejar dan dikerumuni sejumlah pemain IBL All-Star yang ada di pinggir lapangan, khususnya rekan-rekan setimnya di Prawira, yaitu Yudha Saputera dan Hans Abraham, guna menyelamatinya sebagai raja slam dunk itu.

Kesuksesan itu juga membuat marwah Prawira Harum Bandung sebagai juara IBL 2023 terjaga, karena salah satu pemain klub kebanggaan warga Bandung bisa memenangi salah satu kontes sarat gengsi tersebut.

Sementara itu, pebasket Dewa United, Jordan Lavell Adams, menjadi raja tembakan tiga angka dalam 3-Point Contest. Adams meraih 27 poin saat berduel dengan pemain Prawira Harum Bandung, Hans Abraham, dalam babak final.

3-Point Contest tahun ini, diikuti tujuh pemain dari enam klub, yaitu Yudha Saputera dan Hans Abraham (Prawira Harum Bandung), Abraham Damar Grahita (Satria Muda Pertamina Jakarta), Jordan Lavell Adams (Dewa United). Kemudian, Devon Van Oostrum (Rans Simba Bogor), M. Aulaz Ariezky (Pacific Caesar Surabaya), dan Gabriel Risky (Tangerang Hawks).

Dalam babak penyisihan, Yudha yang menjadi juara tahun lalu hanya membuat 12 poin, Damar Grahita 14 poin, Oostrum 11 poin, Aulaz 15 poin, Gabriel 17 poin, Hans 18 poin, dan Jordan 21 poin.

Sebelum memulai kontes ini, panitia menghibur ribuan penonton dengan pertandingan eshibisi yang diikuti sejumlah artis, mantan pemain IBL, dan influencer, termasuk Mario Lawalata, Augie Fantinus, Cellos, Rony Gunawan, Romy Chandra, dan Sheryl Sheinafia.

Dua Kali Menang

Sementara itu dari pertandingan IBl All Star 2024, tim basket Future melibas Legacy dengan skor 121-116. Tim asuhan Johannis Winar ini menundukkan skuat dari pelatih David Singleton untuk kali kedua beruntun sejak IBL All Star 2023.

Pemain Dewa United, Lester Prosper tergabung dalam tim Future tampil menjadi bintang utama dalam pertandingan para bintang tersebut dengan menyumbang 32 poin. Bahkan berhasil meraih gelar pemain terbaik atau most valuable player (MVP) IBL All-Star 2024.

Tim Legacy merupakan para pemain senior yang sudah bermain selama lebih dari lima tahun di Indonesian Basketball League (IBL). Tim tersebut dihuni delapan pemain lokal yang merupakan hasil pemungutan suara dari fan.

Adapun para pebasket yang bergabung adalah Abraham Damar Grahita, Andakara Prastawa Dhyaksa, Abraham Wenas, Kaleb Ramot Gemilang, Kevin Moses Poetiray, Brandon Jawato, Pandu Wiguna, dan Vincent Kosasih. Tim itu mendapat tambahan kekuatan melalui pemain asing dan naturalisasi, yaitu Brandone Francis, Devon Von Oostrum, Jordan Adams, dan Augustus Stone Jr.

Sedangkan tim Future merupakan pemain-pemain yang masih muda dan masih berkarir di bawah lima tahun di IBL. Mereka adalah Yudha Saputera, Muhamad Arighi, Daffa Dhoifullah, Ali Bagir Alhadar, Julian Chalias, Fhirdan Guntara, Kelvin Sanjaya, dan Argus Sanyudy. Tim itu juga diperkuat pemain asing dam naturalisasi, yaitu Gelvis Solano, Lester Prosper, KJ McDaniels, dan Jarred Shaw.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *