Tim Piala Uber Indonesia. (Ist/Humas PBSI)

Tim Uber dan Thomas Melaju ke Final

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Tim bulutangkis Piala Uber dan Thomas Indonesia melaju ke babak final, Minggu (5/5/2024). Tim putri (Uber) menang 3-2 atas Korsel dan bertemu skuat asal negeri Tirai Bambu pada babak final. China menang telak 3-0 atas Jepang.

Sedangkan tim putra (Thomas) tanpa menemui perlawanan berarti menundukkan skuat Taipei 3-0 dan menjamu China di final yang sebelumnya mengalahkan Malaysia 3-1. Laga final dimainkan  di Hi Tech Zone Sports Centre Gymnasium, Chengdu, China.

Sukses tim Piala Uber Indonesia merupakan pertama kalinya sejak Piala Uber 2008 Jakarta, dimana skuad Indonesia bertanding di babak final ajang beregu paling bergengsi ini. Seperti dikutip dari Antara, hal ini sekaligus mengulangi babak final yang sama pada edisi 2008, dimana tim putri Indonesia bertemu dengan tim tuan rumah China di babak final.

“Besok melawan China, tidak ada yang tidak mungkin. Tapi yang terpenting saya mau melihat daya juang tim Uber kembali, yang sudah diperlihatkan sejauh ini,” ujar Ricky seperti dikutip dari rilis Humas PBSI.

Sementara itu kemenangan 3-0 tim Thomas Indonesia digenapi Jonatan Christie setelah mengandaskan Wang Tzu Wei melalui dua gim langsung dengan skor 21-11, 21-16 dalam tempo 44 menit. “Puji Tuhan bisa melaju ke babak final lagi selama tiga edisi berturut-turut. Sangat happy, bangga, dan bersyukur. Terlebih karena tahun ini (skuad) diisi dengan pemain-pemain muda, jadi rasanya lebih spesial,” kata Jonatan.

Dari catatan yang ada, laga final tim Piala Thomas Indonesia adalah yang ke-21 sepanjang sejarah dan telah mengoleksi 14 gelar sejak tahun 1958. Piala Thomas terakhir dibawa pulang oleh tim putra Indonesia pada tahun 2020 d Aarhus, Denmark.

Saat itu, tim final yang diperkuat oleh Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Daniel Marthin/Kevin Sanjaya Sukamuljo, dan Shesar Hiren Rhustavito menang 3-0 atas China. Prestasi ini mematahkan paceklik gelar selama 19 tahun. Di tahun 2022, Indonesia keluar sebagai runner up setelah kalah dari tim bulutangkis putra India.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *