PLN Icon Plus bersama PLN melaksanakan groundbreaking pembangunan Telecommunication and Digital Centre di KN, Kalimantan, Rabu ( 5/6/2024)..

PLN Icon Plus dan PLN Wujudkan Kota Masa Depan di IKN: Groundbreaking Telecommunication and Digital Centre

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Dalam upaya mewujudkan sistem ketenagalistrikan yang smart dan futuristik, PLN Icon Plus bersama PLN melaksanakan groundbreaking pembangunan Telecommunication and Digital Centre di Ibu Kota Negara (IKN, Rabu ( 5/6/2024).. Pembangunan ini merupakan bagian dari upaya menciptakan kota masa depan yang “Smart, Green, & Beautiful” melalui infrastruktur telekomunikasi yang andal dan terintegrasi dengan sistem ketenagalistrikan.

Pembangunan sistem telekomunikasi yang handal ini didasarkan pada Hak Perlintasan yang diberikan oleh Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) pada Desember 2023 kepada PLN Icon Plus sebagai penyedia jaringan telekomunikasi di IKN. Proyek ini menandai pembangunan backbone telekomunikasi fiber optik yang terintegrasi dengan sistem ketenagalistrikan, dan ditandai dengan groundbreaking PLN Hub sebagai pusat smart electricity, telecommunication, dan digital.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang hadir dalam acara tersebut, menyatakan apresiasinya terhadap pembangunan PLN Hub yang akan mengumpulkan semua stakeholder dan mitra yang terkait dengan PT PLN. Acara ini juga dihadiri oleh Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi, serta jajaran direksi PT PLN (Persero) dan PLN Icon Plus.

Presiden Joko Widodo menyatakan, “Saya sangat menghargai sekali dibangunnya PLN Hub yang nanti akan mengumpulkan semua stakeholder dan mitra yang berhubungan dengan PT PLN.”

Darmawan Prasodjo selaku Direktur Utama PT PLN (Persero), menambahkan, “Kami diberikan kepercayaan untuk menerjemahkan visi masa depan IKN yang modern, futuristik, dan green dari sisi ketenagalistrikan. Terima kasih kami diberikan kesempatan membangun PLN Hub tepat di jantungnya IKN. Kami bangun PLN Hub yang menyatu dengan alam, mengerahkan arsitek-arsitek terbaik bangsa. Kami pastikan PLN Hub akan menjadi episentrum research and development. Episentrum kolaborasi bisnis, teknologi, dan pendidikan yang mendukung IKN dan transisi energi di Indonesia.”

Ari Rahmat Indra Cahyadi, Direktur Utama PLN Icon Plus, menekankan peran penting PLN Icon Plus sebagai Subholding Beyond kWh dari PT PLN (Persero) dalam mendukung infrastruktur telekomunikasi yang andal di IKN. “PLN Icon Plus memiliki peran penting untuk mendukung infrastruktur telekomunikasi yang andal di IKN guna menunjang keandalan sistem ketenagalistrikan yang mutakhir dan modern dari PLN, juga sebagai sistem backbone telekomunikasi yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh penyedia telekomunikasi fixed broadband dan seluler untuk membangun konektivitas di IKN.”

PLN Icon Plus berkomitmen mendukung sistem ketenagalistrikan PLN dalam pembangunan berkelanjutan di IKN dengan menyediakan layanan telekomunikasi yang didukung oleh infrastruktur modern dan andal. Inisiatif ini bertujuan untuk menciptakan ekosistem ‘Smart, Green, & Beautiful’ di IKN, termasuk layanan beyond kWh yang terintegrasi seperti internet, ekosistem kendaraan listrik (EV), Internet of Things (IoT), dan Smart Home. Semua ini dirancang untuk mendukung ekosistem ramah lingkungan dalam pembangunan berkelanjutan di IKN.

Melalui groundbreaking ini, PLN Icon Plus menunjukkan komitmennya untuk mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara yang modern, cerdas, dan hijau. Upaya ini tidak hanya mendukung keberlanjutan lingkungan tetapi juga mendorong inovasi di sektor telekomunikasi dan ketenagalistrikan di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *