Perumahan Subsidi di Kabupaten Bekasi

Bangun Rumah 5.012 Unit: Kabupaten Bekasi Tertinggi Pembangunan Rumah Subsidi se Jawa Barat

Loading

BEKASI (IndependensI.com)-  Se Provinsi Jawa Barat, wilayahKabupaten Bekasi tertinggi  penyerapan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Berdasarkan data BP Tapera hingga Juni 2024,  realisasi FLPP di Jawa Barat mencapai Rp 2,57 triliun atau setara dengan 20.892 unit rumah subsidi.

Kabupaten Bekasi menyerap sekitar Rp 664 miliar atau setara dengan 5.012 unit rumah. Pada penyerapan FLPP, diiurutan kedua Kabupaten Karawang  nilai FLPP Rp 348 miliar atau 2.929 unit rumah.
Kemudian,  Kabupaten Bogor urutan ketiga  menyerap nilai FLPP Rp 371 miliar atau setara 2.817 unit rumah.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Bekasi, Nur Chaidir mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Bekasi siap memberikan fasilitas Prasarana Sarana Umum (PSU) ketika pihak pengembang baik perumahan subsidi atau komersil yang telah menyerahkan PSUnya ke Pemkab Bekasi.

“Pemerintah Daerah hanya melakukan perbaikan atau pembangunan PSU, seperti taman, jalan atau drainase jika telah diserahkan ke kita,” ucap Chaidir.

Menurutnya, lahan PSU yang telah diserahkan ke Pemerintah Daerah dapat dibangun menggunakan APBD dengan melakukan permohonan dari masyarakat melalui RT/RW.

“Ini adalah upaya Disperkimtan dalam memberikan pelayanan pembangunan infrastruktur kepada masyarakat,” tandasnya.

Pembangunan rumah bersubsidi ini sangat membantu masyarakat yang berpenghasilan rendah, utamanya para karyawan pabrik. Penyebaran rumah subsidi ini tersebar di wilayah kecamatan perdesaan, seperti Kecamatan Setu, Cikarang Selatan, Kecamatan Sukatani dan lainnya. (jonder sihotang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *