Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan saat meninjau pembangunan SPALDS. (humas)

Cegah Stunting dan Jaga Lingkungan Sehat, Pemkab Bekasi Bangun  1.473 SPALDS.

Loading

BAKASI (IndependensI.com)-  Guna menjadikan lingkungannsehat, Pemkab Bekasi, Jawa Barat  membangun Sistem Pengelolaan Limbah Domestik Setempat (SPALDS). Salah satu tujuannya untuk meningkatkan kesehatan lingkungan.

Jika lingkungan sehat, maka angka stunting (anak tumbuh kerdil) pun dapat diatasi. Namun untuk menciptakan lingkungan sehat, bukan hanya tugas pemerintah. Tapi semua pihak juga harus berperan aktif

“Pembangunan SPALDS menyasar keluarga miskin guna  menekan angka kemiskinan serta stunting. Kasus stunting  bukan hanya pola makan tidak baik, tetapi juga kesehatan lingkungan. Maka  program SPALDS untuk mengurangi angka stunting sekaligus kemiskinan ekstrem,” kata Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan, saat meninjau pembangunan  SPALDS di Kecamatan Tambun, kemarin.

Tahun ini kata Dani,  Pemkab Bekasi membangun 1.473 SPALDS tersebar beberapa wilayah kecamatan. Program ini khususnya di pemukiman masyarakat luar perumahan

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Bekasi Nur Chaidir mengatakan  pembangunan SPALDS ditargetkan Agustus 2024 sudah selesai semuanya.

Saat ini, fisik bangunan sudah ada yang selesai 50 sampai 70 persen. Jika nanti sudah selesai semua, akan diserahkan untuk digunakan masyarakat. Maka, dalam pemeliharaan bangunannya nanti, peran masyarakat sangat diharapkan.  (jonder sihotang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *