Songsong Pilkada NTT, Ansy Lema Ungguli Melki Di Media Sosial

Loading

Independensi- Geliat Pemilihan Kepala Daerah Nusa Tenggara Timur tahun 2024 (Pilkada NTT 2024) mulai semarak, baik di dunia nyata maupun di dunia maya.

Dua kandidat terkuat, Yohanis Fransiskus Lema atau Ansy Lema dan Emanuel Melkiades Laka Lena atau Melki Laka Lena, dalam beberapa bulan ke belakang sampai saat ini telah menarik perhatian netizen di dunia maya.

Lalu bagaimana sebenarnya perbandingan raihan dukungan kedua tokoh di media sosial? Mari kita bandingkan.

TikTok
Pada platform media sosial TikTok tampak Ansy Lema unggul jauh dari Melki Laka Lena, dilihat pada Rabu 19 Juni 2024 sejak pukul 10:00 WIB.

Ansy Lema dengan nama akun @ansylema berhasil mencatatkan jumlah pengikut sebanyak 25 ribu dan suka sebanyak 219,1 ribu. Sementara Melki Laka Lena dengan nama akun @melkilakalena.official hanya mendapatkan 1.675 pengikut dan 9.952 suka.

Bahkan Ansy Lema mencatatkan 793 ribu tayangan pada tayangan postingan terbanyak yaitu video tentang mempertanyakan keberpihakan KKP terhadap pengembangan sektor perikanan-kelautan di wilayah perbatasan yang diunggah pada 15 April 2023.

Berbanding terbalik dengan Melki Laka Lena yang hanya mencatatkan 65,4 ribu tayangan pada tayangan postingan terbanyak yaitu video tentang RUU Kesehatan; STR Tenaga Kesehatan Berlaku Seumur Hidup yang diunggah pada 19 September 2023.

Instagram
Begitu juga yang terjadi pada platform media sosial Instagram, Ansy Lema lebih unggul dari Melki Laka Lena.

Ansy Lema dengan nama akun @ansy.lema berhasil meperoleh 19,3 ribu pengikut dari total 1.749 postingan. Sementara Melki Laka Lena dengan nama akun @melkilakalena.official hanya mencatatkan 15,5 ribu pengikut dari 1.096 postingan.

Facebook
Terakhir kita coba bandingkan capaian keduanya pada platform media sosial Facebook. Lagi-lagi Ansy Lema unggul jauh dari Melki Laka Lena.

Di platform media sosial yang lebih tua ini, Ansy Lema dengan nama halaman Yohanis Fransiskus Lema, S.IP, M.Si berhasil mendapatkan 88 ribu pengikut. Sementara Melki Laka Lena dengan nama halaman Melki Laka Lena hanya mampu mendapatkan 15 ribu pengikut.

Demikianlah catatan perbandingan raihan dukungan Ansy Lema dan Melki Lena versi media sosial.

Terbukti Ansy unggul jauh atas Melki di tiga platform media sosial terpopuler, yakni TikTok, Instagram, dan Facebook.

Memang dukungan terhadap Ansy Lema di sosial media terus meningkat belakangan ini, terutama sejak muncul hastag #BetaCintaNTT dan #NelayanTaniTernak”.

Yang terakhir merupakan upaya Ansy mengubah plesetan kepanjangan NTT yang sering disebut “Nanti Tuhan Tolong”, “Nasib Tidak Tentu”, atau “Nusa Tidak Terurus”.

Di tempat yang netral, baik Ansy Lema maupun Melki Laka Lena sama-sama pernah hadir di Podcast Orang Kita. Podcast yang dipandu oleh Ferdinandus Setu ini merupakan podcast yang paling rajin menyorot soal Pilkada NTT 2024 dan tokoh-tokoh dari NTT.

Video wawancara Podcast Orang Kita dengan Ansy Lema dan Melki Laka Lena telah diunggah ke kanal YouTube Mosato Doc dengan judul yang berbeda dan penerimaan yang berbeda pula dari netizen.

Video wawancara dengan Ansy Lema diunggah pada 24 September 2023 dengan judul “Saya Cinta NTT!” Siapkah Politisi PDIP ini Maju untuk NTT-1?/Podcast #ORANGKITA Eps42.

Sampai hari ini, Rabu 19 Juni 2024, video tersebut telah mendapat 42.957 kali jumlah tayang dan 577 komentar, yang rata-rata bertendensi positif.

Sedangkan video wawancara dengan Melki Laka Lena diunggah pada 7 Oktober 2023 dengan judul Energi Potensi Di NTT Masih Banyak Yang Tertidur // Podcast #ORANGKITA Eps51.

Video ini hanya mendapat 4.195 kali tayangan dan sedikit sekali komentar yakni hanya 36 komentar.

Sekali lagi Ansy Lema unggul atas Melki Laka Lena baik di akun media sosial pribadi resmi masing-masing, maupun tempat netral seperti Podcast Orang Kita yang diunggah ke YouTube melalui kanal Mosato Doc.