Pj Bupati Bekasi Dedy Supriyadi saat menerima tim verifikasi program Stop Buang Air Besar Sembarangan. (humas)

Pemkab Bekasi Dukung Stop Buang Air Besar Sembarangan

Loading

 

BEKASI (IndependensI.com)- Pemerintah Kabupaten Bekasi, terus berupaya mensukseskan  Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) / Stop Buang Air Besar Sembarangan / ODF (Open Defecation Free). Dengan demikian, kesehatan masyarakat semakin meningkat.

Guna mensukseskan hal itu, Pj Bupati Bekasi Dedy Supriyadi bersama pejabat  terkait menerima ti. verifikasi pilar  tingkat Provinsi Jawa Barat, kemarin.

Kepada tim, Dedy  menyampaikan, pencapaian status ODF 100 persen merupakan langkah awal Kabupaten Bekasi untuk mengikuti penilaian Kabupaten/Kota Sehat.

“Kita berharap bisa mencapai target tertinggi, yaitu Swasti Saba Wistara,” ujarnya.

Ia  menekankan pentingnya tahapan yang sudah dilalui, mulai dari deklarasi ODF 100 persen di tingkat desa, kecamatan, hingga kabupaten.

“Tahapan-tahapan ini telah kami laksanakan dengan semangat dan komitmen yang kuat, membawa kita sampai pada tahap sertifikasi lapangan ODF di kabupaten, yang merupakan bagian penting dari rangkaian verifikasi,” jelasnya.

Guna mensukseskan program itu, ia mengimbau  semua pihak  mendukung pencapaian target ODF di Kabupaten Bekasi. Sejak inisiatif ini dimulai, pemerintah bekerja sama secara intensif dengan masyarakat untuk memastikan akses sanitasi, khususnya terhadap jamban sehat, dapat terpenuhi di seluruh wilayah, katanya.

“Pencapaian bebas dari buang air besar sembarangan (ODF) bukan hanya indikator fisik terkait infrastruktur sanitasi, tetapi juga mencerminkan perubahan perilaku masyarakat menuju hidup yang lebih bersih dan sehat,” tambahnya. (jonder sihotang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *