Ilustrasi serangan udara Turki. (Dokumentasi)

Turki Bombardir Kurdi, 11 Kombatan Tewas

ISTANBUL (IndependensI.com) – Pesawat tempur Turki membombardir wilayah tenggara negeri itu yang selama ini dikenal sebagai kantong militan Kurdi. Tentara Turki, Selasa (11/7/2017) menyebutkan serangan tersebut menewaskan setidaknya 11 orang kombatan yang berafiliasi dengan Partai Buruh Kurdi (PKK).

Satu serangan udara dilakukan di dekat perbatasan Suriah, di distrik Dargecit, Provinsi Mardin. Di kawasan itu, pesawat tempur Turki menghancurkan dua posisi senjata dan membunuh delapan kombatan yang diyakini tengah bersiap menghadapi serangan.

Pernyataan itu juga menyatakan bahwa tiga anggota PKK lainnya tewas dan sebuah gua hancur dalam serangan udara di daerah pedesaan Provinsi Hakkari, wilayah yang berbatasan dengan Irak dan Iran.

PKK angkat senjata melawan Turki pada 1984. Sejak saat itu, lebih dari 40.000 orang, kebanyakan merupakan suku Kurdi, tewas akibat konflik. Mereka dianggap sebagai kelompok teroris oleh Turki, Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Sebuah kesepakatan gencatan senjata antara Turki dan kelompok petempur itu terhenti pada Juli 2015, dan wilayah Turki tenggara kemudian mengalami sejumlah aksi kekerasan terburuk sejak pemberontakan itu dimulai.