Ilustrasi (Istimewa)

PGPI Ikuti Uji Coba Asian Games 2018

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Persatuan Gantole dan Paralayang Indonesia (PGPI) mengikutsertakan 18 atlet nasional dalam kejuaraan uji coba Asian Games 2018 yang akan berlangsung di kawasan Puncak Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada 11-14 Agustus.

“Kami mengirim 10 atlet putra dan delapan atlet putri pada nomor cross country karena kejuaraan itu hanya untuk nomor cross country,” kata Ketua PGPI Djoko Bisowarno seperti dikutip dari Antara, Senin (31/7). Indonesia, lanjut Djoko, tidak menargetkan gelar atau medali dalam kejuaraan bertajuk Asia Cup Road Test Event Asian Games 2018 itu menyusul peringkat atlet-atlet nomor cross coutnry Indonesia masih menempati peringkat 20 di Asia.

Lebih jauh Djoko menegaskan, kejuaraan Asia Cup 2017 itu tidak menargetkan prestasi tapi menguji pelaksanaan perlombaan paralayang dalam Asian Games 2018. “Kami punya atlet-atlet pada nomor akurasi yang yang menempati peringkat satu dunia. Tapi, kami tidak menggelar uji coba nomor akurasi karena lokasi penyelenggaraan untuk nomor itu sudah dinyatakan layak untuk Asian Games,” ujarnya.

Pada kejuaraan uji coba cabang olahraga paralayang Asian Games 2018 akan diikuti 100 atlet dari 13 negara. Atlet-atlet itu dipilih berdasarkan kompetisi Kategori 2 Federasi Olahraga Udara Dunia (FAI). Djoko menambahkan persiapan penyelenggaraan kejuaraan uji coba Asian Games 2018 itu telah didukung anggaraan dari Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC) 2018 sebesar Rp2 miliar.