Stan Wawrinka (Dok/Ist)

Wawrinka Gagal Tahan Gelar

PARIS (IndependensI.com) – Juara bertahan Grand Slam US Open, Stan Wawrinka sepertinya absen bertanding menyusul operasi lutut yang dilakukan. Masa rekondisi dari operasi itu membutuhkan waktu yang cukup lama dan dipastikan dirinya tak bisa bermain tenis hingga akhir tahun. Wawrinka sendiri yang menyampaikan berita tersebut melalui akun media sosialnya, Jumat (4/8).

Seperti dikutip dari AFP, petenis nomor empat dunia ini sudah memngajukan pengunduran diri dari dua turnamen, yakni Montreal dan Cincinnati. Wawrinka mementingkan masa istirahat pasca operasi agar maksimal kesembuhannya. “Ini adalah satu-satunya solusi, agar saya bisa kembali bertanding dan mencapai prestasi tertinggi di kemudian hari,” ujar Wawrinka. Dia akan kehilangan poin peringkat dan terdepak dari delapan besar dunia di musim depan. Diperkirakan Wawrinka bisa lebih rendah dari rangking ke-11 dunia.

Dirinya bergabung dengan runner up US Open tahun lalu, Novak Djokovic yang tengah berkutat dengan cedera. Djokovic sendiri harus beristirahat hingga penghujung musim kompetisi tahun ini. Pria berusia 32 tahun ini sama seperti Djokovic yang mendapat hasil buruk di Wimbledon. Petenis Swiss ini harus menahan sakit dari lututnya saat berlaga melawan nonunggulan Rusia, Daniil Medvedev. Dia sempat mencatat posisi runner up di French Open. Saat mengalahkan Djokovic di Flushing Meadows lalu dalam empat set, Wawrinka mengemas trofi ketiga grand slam sepanjang karier.

Selain Wawrinka dan Djokovic yang tengah dirudung cedera, adalah petenis nomor satu dunia, Andy Murray juga sedang didera masalah dengan cedera pinggang. Dia sudah tidak bermain tenis sejak Wimbledon. Murray sendiri berharap kondisi fisik dan mental bisa kembali seperti Rafael Nadal dan Roger Federer yang bisa kembali berprestasi usai rekondisi cedera.

Federer yang akan berusia 36 tahun, tidak bermain tenis lagi sejak Wimbledon tahun lalu karena cedera. Namun tahun ini, Federer berhasil menuai sukses di Australian Open dan Wimbledon. Dua gelar itu menggenapi 20 trofi Grand Slam selama kariernya.

US Open sedianya digelar pada 28 Agustus mendatang. Dengan absennya Wawrinka, posisi unggulan empat digantikan juara 2014 sekaligus petenis berperingkat enam, Marin Cilic. Petenis asal Kroasia ini baru saja menyelesaikan Wimbledon sebagai runner up. Cilic harus absen di Montreal Masters pekan depan karena cedera.