HSBC Indonesia Perluas Jangkauan Perbankan Pascaintegrasi

JAKARTA (Independensi.com) – PT Bank HSBC Indonesia memperluas jangkauan layanan perbankan dan program kemasyarakatan usai menyelesaikan proses integrasi dengan Bank Ekonomi yang telah melahirkan entitas bank lokal baru dengan jaringan internasional.

“Kami mengamati kekuatan ekonomi tidak Iagi hanya fokus di Jawa, namun telah menyebar ke wilayah-wilayah di luar Jawa seiring dengan meluasnya peta tingkat kesejahteraan,” kata Presiden Direktur HSBC Indonesia Sumit Dutta dalam temu media di Jakarta, Senin (7/8/2017).

Sebelumnya, pada 17 April 2017, HSBC Indonesia telah melakukan integrasi dengan Bank Ekonomi dan menjadi PT Bank HSBC Indonesia (sebelumnya dikenal PT Bank Ekonomi Raharja).

Integrasi tersebut memungkinkan HSBC, yang telah beroperasi di Indonesia sejak 1884, memperluas pelayanan perbankan kepada nasabah melalui 99 cabang di 29 kota di Indonesia.

Usai menyelesaikan integrasi, HSBC Indonesia menghadirkan layanan di bidang perbankan ritel dan pengelolaan kekayaan (retail banking and wealth management) serta perbankan komersial (commercial banking) untuk dapat dinikmati lebih banyak masyarakat.

Sumit juga menambahkan bahwa integrasi tersebut membawa manfaat bagi nasabah HSBC karena memperluas cakupan layanan. Keuntungan juga didapat bagi nasabah Bank Ekonomi karena mampu menikmati jaringan internasional yang dimiliki HSBC.

“Dengan besaran dan kekuatan jaringan yang kami miliki secara global, kami dapat berkontribusi pada agenda nasional dengan membawa investasi masuk ke dalam negeri. Kami telah bertemu dengan banyak investor asing di beberapa negara dan menyajikan potensi Indonesia,” kata Sumit.

Keyakinan HSBC terhadap potensi Indonesia didukung oleh riset Trade Confidence Survey yang pada 2016 yang menunjukkan nilai ekspor dari layanan transportasi dan distribusi diperkirakan akan tumbuh sebesar rata-rata sembilan persen dalam periode 2016 hingga 2030.

Hal ini antara lain didorong upaya pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai poros perdagangan maritim global.

Untuk menjawab potensi tersebut, HSBC Indonesia memiliki jaringan global yang dapat menghubungkan pelaku bisnis di Indonesia dengan berbagai peluang baru di seluruh dunia.

Di sisi perbankan komersial, HSBC Indonesia siap membantu nasabah melalui pembenan fasilitas modal kerja, pinjaman jangka panjang, pendanaan proyek, serta pengumpulan dana dari pasar saham dan obligasi.