Cabang olahraga Panahan (Dok/Ist)

Untuk Sementara Panahan Mendominasi

KUALA LUMPUR (IndependensI.com) – Cabang olahraga panahan untuk sementara mendominasi perolehan medali emas bagi kontingen Indonesia pada SEA Games 2017 Malaysia. Hingga hari Minggu (20/8), secara resmi sudah mengumpulkan tiga emas.

Perolehan emas ini didapat dari nomor Individual compoud putra putri yang diraih sebelum pembukaan dan satu emas lagi dipersembahkan oleh Diananda Choirunnisa dari nomor Individual recurve putri di National Sports Complex, Kuala Lumpur, Malaysia.

Seperti dikutip dari Antara, medali emas yang diraih oleh Diananda ini bisa dikatakan sebagai penawar dahaga karena beberapa cabang yang dihadapkan bisa menyumbangkan emas seperti polo air hanya mampu mempersembahkan medali perak. Bahkan cabang ini sudah mampu melebihi target yaitu dua emas.

Pada pertandingan final melawan atlet asal Filipina, Nicole Marie Tagle, Diananda mampu memberikan hasil terbaik yaitu dengan keunggulan 6-4 meski sebelumnya sempat tertinggal 2-4. Namun, atlet yang diharapkan terus bersinar pada kejuaraan internasional ini bisa menyamakan kedudukan menjadi 4-4.

Dengan kedudukan sama kuat, pada final yang disaksikan langsung oleh Menko PMK Puan Maharani, Ketua Umum PB Perpani Titiek Soeharto, CdM Aziz Syamsuddin, Ketua KOI Erick Thohir hingga Ketua Satlak Prima Achmad Soetjipto mampu tampil gemilang dan mengakhiri pertandingan dengan skor 6-4. “Saya tidak menduga bisa meraih emas di nomor ini karena pada dua SEA Games sebelumnya hanya bisa meraih emas di nomor beregu,” kata Diananda.

Prestasi yang diraih oleh Diananda ini sangat dipuji oleh banyak pihak karena menjelang pembukaan kejuaraan dua tahunan ini Indonesia sempat diguncang kasus bendera terbalik pada buku panduan pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Bukit Jalil, Sabtu (19/8).