Survai BPS: Lelaki Lebih Bahagia Tinggal di Aceh

BANDA ACEH (IndependensI.com) – Ini merupakan penelitian terbaru yang dikeluarkan lembaga resmi. Hasil survei menyebutkan, lelaki ternyata lebih bahagia tinggal di Aceh atau provinsi yang dijuluki “Serambi Mekkah” dibandingkan dengan perempuan.

“Tingkat kebahagiaan penduduk laki-laki sebesar 72,23 poin atau lebih tinggi dibandingkan perempuan cuma 71,76 poin,” ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh Wahyudin, di Banda Aceh, Rabu (6/9/2017).

Dia menegaskan, telah merampungkan hasil survei pengukuran tingkat kebahagiaan pada 23 kabupaten/kota di provinsi paling ujung utara di Sumatera berdasarkan jenis kelamin.

Pihaknya telah melakukan survei yang sama dengan melibatkan responden 3.000 kepala keluarga pada 23 daerah itu, dan melihat tiga dimensi yakni tingkat kepuasan hidup, perasaan, dan makna hidup.

Untuk dimensi kepuasan hidup, lanjutnya, ternyata lelaki di Aceh lebih rendah dari kaum hawa, masing-masing dengan angka 72,64 poin dan 73,16 poin.

Begitu juga dengan dimensi perasaan tercatat laki-laki lebih rendah dibanding perempuan dengan indeks masing-masing sebesar 68,51 poin dan 68,60 poin.

“Tapi untuk tingkat makna hidup, penduduk lelaki di Aceh mempunyai nilai lebih tinggi sebesar 75,24 poin, perempuan hanya 73,20 poin,” katanya lagi.

Status perkawinan, lanjut dia, berbanding lurus bagi penduduk telah menikah karena cenderung lebih bahagia dengan angka 73,06 poin dibandingkan dengan status perkawinan yang lain.

“Belum menikah itu cuma 70,97 poin dari telah menikah 73,06 poin. Ternyata cerai mati tersebut, lebih bahagia dengan angka 67,51 poin, dibanding cerai hidup 66,72 poin,” ujar Wahyudin lagi.

“Status ini, juga berlaku bagi yang belum menikah dari yang telah menikah. Telah menikah itu, jauh lebih bahagia karena telah memiliki makna hidup dibanding yang belum menikah,” katanya seperti dikutip Antara.

Data dirilis BPS menyebutkan, tingkat kebahagiaan orang yang tinggal di Aceh mencapai angka 71,96 poin atau lebih tinggi dari tingkat kebahagiaan nasional tercatat 70,69 poin.

Untuk tingkat kebahagian penduduk menurut provinsi, peringkat pertama diduduki Maluku Utara dengan angka 75,68 poin, dan terendah Papua 67,52.

Sedangkan provinsi tetangga Aceh, yakni Sumatera Utara berada di posisi terendah kedua setelah Papua dengan angka 68,41 poin.