Gelora Tarigan, SH, MH (Henri Loedji/Independensi.com)

Hak Angket DPR Bukan untuk Bubarkan KPK

JAKARTA (IndependensI.com) – Hak angkat Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bukan untuk membubarkan atau membekukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pernyataan itu disampaikan Gelora Tarigan, SH, MH, menanggapi usulan politikus PDIP, Henry Yosodiningrat.

Henry meminta agar KPK dibekukan berdasarkan temuan panitia khusus angket sejauh ini. Dia berharap pemerintah menerima usulan dia dan pansus.

Namun Gelora tidak sependapat. Dosen Praktik Hukum Pidana Universitas 17 Agustus 1945 itu menegaskan bahwa angket KPK hanya dilaksanakan sebagai bagian dari mekanisme DPR guna meningkatkan kinerja KPK.

“DPR harusnya juga mendorong kerja sama antarlembaga penegak hukum dalam pemberantasan korupsi sampai ke akar-akarnya,” kata Gelora kepada IndependensI.com, Sabtu (9/9/2017).

“KPK mempunyai kewenangan yang sangat besar dalam penegakan hukum. Yang penting bukan pembekuan KPK, tetapi pengawasan internal KPK harus ditingkatkan dalam keseluruhan proses pemberantasan korupsi baik berupa penindakan maupun pencegahan sesuai dengan standar operasi prosedur yang ada,” ujarnya.

“Tujuannya agar pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK hanya untuk mewujudkan suatu keadilan Pancasila dan membuat jera para calon-calon koruptor,” kata ketua Gerakan Rakyat Sadar Hukum Indonesia (Grashi) itu.

One comment

Comments are closed.