Masyarakat Minta Proyek LRT Diteruskan ke Karawang

KARAWANG (IndependensI.com) – Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, berharap agar pemerintah pusat melanjutkan pembangunan kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jabodebek diteruskan hingga Karawang. Tingginya mobilitas masyarakat ke Karawang sebagai dampak dari perkembangan industri di sana sehingga membutuhkan dukungan sarana transportasi seperti LRT.

“Kami sudah menyampaikan agar proyek pembangunan LRT tidak hanya berhenti di Bekasi, tapi juga bisa sampai ke Karawang,” kata Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bapeda) Karawang, Eka Sanatha, di Karawang, baru-baru ini.

Ia mengaku menyampaikan hal tersebut menyusul akan dilakukannya pengembangan akses transportasi di daerah tersebut. Lagi pula, kini Karawang sudah menjadi daerah penyangga Jakarta.

Sejak beberapa tahun terakhir hingga kini, kata dia, pertumbuhan industri di Karawang juga cukup pesat. Kondisi itu dibarengi dengan cukup tingginya lalu lintas Karawang-Jakarta.

Atas hal tersebut Pemkab Karawang berharap agar pemerintah pusat bersedia memperpanjang rute LRT Jabotabek hingga wilayah Karawang.

Eka mengaku pihaknya telah melakukan perencanaan pembangunan terkait dengan beberapa proyek strategis pemerintah pusat di Karawang. Di antaranya merencanakan pengembangan transportasi.

“Kita harapkan, pengembangan transportasi yang kita rencanakan bisa terintegrasi dengan proyek LRT yang kini tengah dibangun pemerintah pusat,” katanya. (antara)