Ketua Panitia Tonsea Charity Golf 2017, Ferdinando Walangare

Masyarakat Tonsea Gelar Turnamen Golf di Emeralda

JAKARTA (Independensi.com) – Perhimpunan Masyarakat Tonsea, Sulawesi Utara yang tinggal di Wilayah Jabodetabek menggelar turnamen golf pada hari Jumat, 13 Oktober 2017 di Lapangan Golf Emeralda Golf Club, Cimanggis, Bogor, Jawa Barat.

Turnamen bertajuk Tonsea Charity Golf 1st Series Tournament 2017 tersebut memperebutkan Piala Gubernur Sulawesi Utara Olly Dodokambey dan Piala Ketua Umum Paimpuluan Ne Tonsea, Kolonel Penerbang Yori Koloay.

Ketua Panitia Tonsea Charity Golf 2017, Ferdinando Walangare ketika dihubungi IndependensI.com via telepon Selasa (10/10/2017) mengatakan, penyelenggaraan turnamen golf ini bertujuan untuk kegiatan amal, terutama untuk membantu anak-anak yang tidak mampu. Dana dari turnamen itu akan kami sisihkan untuk membantu anak-anak yang kurang mampu,” kata Ferdy, panggilan akrab Ferdinando Walangare.

Selain itu, kata Ferdy, turnamen ini juga dimaksudkan untuk melestarikan budaya, khususnya budaya Minahasa yang mulai ditinggalkan. Karena itu, peserta yang ikut dalam turnamen Tonsea Charity Golf akan menggunakan pakaian adat Minahasa seusai bermain golf. Di acara ini juga akan dihadirkan musik tradisional Minahasa, penampilan seni budaya Minahasa seperti tarian Cakalele, tarian Lenso dan lainnya. “Acara ini sangat berbeda dengan turnamen golf lainnya,” kata Ferdy.

Menurut Ferdy, kuliner Minahasa juga akan ditampilkan. Mulai dari masakan khas Minahasa yang snagat terkenal, kue-kue Minahasa dan lainnya. Semua itu dimaksudkan agar masyarakat Minahasa khususnya, tidak meninggalkan budaya dan tradisinya yang sudah ada sejak zaman dulu. Justru, melalui acara ini diharapkan masyarakat Minahasa khususnya semakin mencintai dan melestarikan budaya dan kebiasaan adat yang telah diturunkan dari generasi ke generasi masyarakat Minahasa,” kata Ferdy.

Mengenai peserta Tonsea Charity Golf 2017 yang pertama ini, Ferdy mengatakan, pesertanya mencapai 150 hingga 160 orang. Tarif atau harga tiket bagi peserta dijual Rp 2 juta per orang. Semua tiket sudah terjual habis. “Jadi, sambutan masyarakat memang sangat antusias terhadap kegiatan social dan budaya ini,” tuturnya.

Acara menjadi semakin semarak karena Gubernur Sulawesi Utara Olly Dodokambey dijadwalkan akan menghadiri acara turnemen golf bergengsi masyarakat Minahasa tersebut. Selain itu juga akan hadir tokoh, pengusaha, profesional Minahasa. Adapun hadiah yang diperebutkan cukup banyak, sehingga peserta sangat menunggu kegiatan ini.

Sementara itu, untuk hadiah Hol In One juga cukup menarik yakni Toyota New Fortuner, Mercedes E Class, Mitsubishi Pajero, dua unit Golf car dan tiket perjalanan ke luar negeri. (kris kaban)