Pendiri dan CEO Amazon Jeff Bezos

Pendapatan Naik, Saham Amazon Melambung

JAKARTA (IndependensI.com) – Naiknya pendapatan lebih dari perkiraan membuat harga saham Amazon melambung. Pada perdangangan di bursa New York, Kamis (26/10/2017), saham raksasa internet itu naik delapan persen menjadi US$1.050 per lembar.

Laba yang diraih dalam kuartal ketiga 2017 mencapai US$256 juta, naik dari US$252 juta pada periode yang sama tahun lalu. Pendapatannya melonjak 34 persen menjadi US$43,7 miliar.

Pemasukan terbesar didapatkan dari Whole Foods, jaringan toko makanan alami yang baru saja diakuisisi. Penyumbang pemasukan besar lain didapat dari penjualan asisten digital Alexa.

Amazon, yang dulu dikenal sebagai penjual buku daring, kini berkembang ke berbagai bidang termasuk komputasi awan, streaming video, kecerdasan buatan, dan lain-lain.

Dalam pernyataan yang menyertai pengumuman neraca, pendiri sekaligus CEO Amazon Jeff Bezos mengatakan pihaknya fokus mengembangkan Alexa. Perangkat yang awalnya hanya membantu pengguna melakukan pencarian di internet, kini berkembang menjadi asisten digital mirip Jarvis di film “Iron Man”. Perangkat itu terhubung dengan berbagai perangkat lain seperti pengeras suara, lemari pendingin, penyejuk udara, hingga mobil.

“Bulan lalu saja, kami sudah meluncurkan lima perangkat yang dapat terhubung dengan Alexa. Kami juga memperkenalkan Alexa di India, mengumumkan integrasinya dengan BMW, menembus 25.000 kemampuan, mengaitkan Alexa dengan pengeras suara Sonos, mengajari Alexa mengenali dua suara yang berbeda, dan lain sebagainya,” kata Bezos.

“Konsumen sudah membeli puluhan juta perangkat yang dapat terhubung dengan Alexa. Ribuan pengembang dan pembuat perangkat keras juga terus menembangkan kemampuan dan perangkat baru. Pengalaman menggunakan Alexa akan terus berkembang,” ujarnya.

Amazon mengatakan Whole Foods memberi pemasukan sebesar US$1,3 miliar dan pendapatan operasional sebesar US$21 juta untuk perusahaan induknya. Di luar pendapatan dari Whole Foods, penjualan Amazon naik 29 persen.

Layanan komputasi awannya, Amazon Web Services, membari pemasukan US$4,6 miliar dan pendapatan opersionala US$1,2 miliar.

Ekspansi Amazon ke berbagai bidang baru teruse mengangkat harga saham perusahaan itu dan menjadikan Bezos salah satu orang terkaya di dunia.

Amazon juga berkembang menjadi salah satu perusahaan paling menguntungkan di Bumi bersama perusahaan teknologi Amerika lain yaitu Apple, Facebook, dan Alphabet.

Amazon memperkirakan masih terus meraup keuntungan di kuartal keempat 2017. Perkiraan pendapatan dipatok sebesar US$56-US$60,5 miliar. Angka itu 28-38 persen lebih besar dibanding tahun lalu.