Foto yang disiarkan balai lelang Phillips Auction pada 27 October 2017 arloji Rolex “Paul Newman” Daytona yang terjual seharga US$17,8 juta dalam lelang di New York, AS.

Arloji Termahal di Dunia Ini Terjual dalam 12 Menit

JAKARTA (IndependensI.com) – Arloji Rolex Daytona yang pernah bertahun-tahun dipakai mendiang bintang Hollywood, Paul Newman, terjual seharga US$17,8 juta dalam lelang di New York, AS, Jumat (27/10/2017).

Balai lelang Phillips Auction mengatakan dengan harga setara Rp240,5 miliar, jam tangan itu menjadi arloji termahal di dunia yang terjual dalam lelang.

Jam tersebut diterima Newman sebagai hadiah dari istrinya, Joanne Woodward, ketika keduanya bersama-sama membintangi film “Winning” pada 1969. Newman tampak sering difoto mengenakan jam berbahan stainless stell itu di banyak kesempatan.

Foto yang disiarkan balai lelang Phillips Auction pada 27 October 2017 arloji Rolex “Paul Newman” Daytona yang terjual seharga US$17,8 juta dalam lelang di New York, AS.

Phillips Action mengatakan menerima penawaran terakhir lewat telepon pada Kamis malam. Penawar anonim itu mau membayar US$17,8 juta untuk mendapatkan arloji tersebut. Kolektor yang berasal dari lebih dari 40 negara mengikuti lelang tersebut. Proses lelang hanya berlangsung sekitar 12 menit setelah sang pembeli rahasia mengajukan angka yang fantastis.

Rolex Daytona Newman adalah jam tangan termahal di dunia yang terjual dalam lelang. Tapi rekor jam termahal di dunia masih dipegang oleh jam saku Patek Philippe. Jam yang dibuat khusus untuk bankir New York, Henry Graves, itu terjual lebih dari US$24 juta dalam lelang yang digelar Sotheby’s pada 2014.

Sebelum memberikan jam mewah ke suaminya, Woodward kalimat “Drive Carefully Me” diukirkan di bagian belakang jam. Woodward selalu mencemaskan keselamatan suaminya yang sering ngebut di jalan dan pernah jatuh dari sepeda motornya pada 1965.

Di film “Winning” Newman berperan sebagai pembalap IndyCar. Sejak itu dia mulai menggemari balap mobil.

Newman mengenakan jam tersebut untuk menghitung waktunya dalam balapan. Phillips mengatakan Newman berani bertaruh dengan rekan-rekannya dengan mengatakan jam miliknya lebih akurat dibanding punya mereka.

Pada 1984, jam yang kemudian dikenal dengan nama Paul Newman Daytona, tampak tidak digunakan lagi oleh Newman setelah istrinya membelikan jam baru yaitu Cosmograph Daytona warna hitam. Tapi pada musim panas di tahun itu, dia memberikan jam tersebut kepada James Cox, yang waktu itu menjadi pacar putrinya, Nell.

James dan Nell berpacaran selama hampir 10 tahun setelah keduanya bertemu di bangku kuliah. Newman memberikan jamnya setelah mengetahui bahwa James, yang membantu membangun rumah pohon buat dia di Westport, Connecticut, waktu itu belum punya jam tangan.

“Pop memberikan James arloji Rolex itu dan mengatakan, ‘Jika kamu ingat memutarnya setiap hari, jam itu bisa menunjukkan waktu yang tepat’,” kata Nell dalam surat yang ditandatanganinya yang disertakan dalam lelang.