Petugas bandara melambaikan tangan ke arah pesawat Airbus milik Air Berlin yang bersiap melakukan penerbangan terakhirnya di Bandara Franz-Josef-Strauss, Munich, menuju Bandara Tegel, Berlin, Jumat (27/10/2017). (AFP)

LCC Inggris Beli Maskapai Penerbangan Nomor Dua Jerman

JAKARTA (IndependensI.com) – EasyJet mengumumkan pembelian sebagian pengelolaan Air Berlin di Bandar Udara Tegel, Berlin, Jerman, Sabtu (28/10/2017).

Maskapai penerbangan murah (low-cost carrier/LCC) Inggris itu akan membayar 40 juta euro mendapatkan tempat parkir di Tegel yang biasa digunakan Air Berlin. Akuisisi dilakukan segera setelah penerbangan terakhir Air Berlin mendarat di Jerman.

EasyJet

EasyJet akan menambah hingga 25 pesawat Airbus A320 serta merekrut sekitar 1.000 orang pilot dan awak kabin Air Berlin dalam beberapa bulan ke depan. Mereka akan dikontrak sebagai karyawan di Jerman.

Air Berlin, maskapai penerbangan nomor dua Jerman, memiliki sekitar 8.000 orang karyawan. Neraca keuangan perusahaan itu mulai goyah setelah pemegang saham terbesarnya, Etihad Airways, menghentikan kucuran uang pada Agustus 2017. Etihad menyerah setelah Air Berlin tidak juga mampu mengatasi kerugian selama bertahun-tahun.

EasyJet mengatakan biaya yang dikeluarkan belum termasuk ongkos permulaan dan pengalihan operasional. “Akuisisi ini juga masih harus mendapatkan persetujuan regulator dan kami harapkan prosesnya rampung pada Desember 2017,” kata EasyJet dalam pernyataannya.