Proyek Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta Hampir Tuntas, 25 November 2017 Ujicoba

JAKARTA (IndependensI.com) – Proyek kereta api menuju bandar udara (Bandara) Soekarno-Hatta segera tuntas. Jalur kereta api yang menghubungkan Ibukota Jakarta ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan seluruhnya tersambung pada 10 November 2017 mendatang.

Pelaksana Tugas Direktur Sarana Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Edi Nursalam saat ditemui di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (2/11/2017), mengatakan jalur akan tersambung sebelum uji coba pada 25 November 2017. “Tanggal 10 November baru tersambung, ada 15 hari untuk uji coba, sambil melakukan pengujian-pengujian,” katanya.

Edi Nursalam  mengatakan untuk uji coba pertama kali dioperasikan 40 perjalanan dari total 124 perjalanan per hari dan diharapkan penumpang sudah mulai naik KA Bandara.

“Pada 25 November itu sebenarnya diharapkan penumpang umum sudah naik. tapi tahapnya masih uji coba, nanti yang meresmikan Presiden Joko Widodo,” katanya.

Menurut Edi,  tahun 2018  akan beroperasi secara normal dengan jadwal serta perjalanan yang sudah ditentukan. “Nanti kita harapkan 80 perjalanan dari Manggarai, 40 dari Stasiun Kota. “Sekarang kalau kita maksimalkan, KRL harus kita korbankan karena penumpang KRL ‘kan banyak,” katanya.

Menjawab pertanyaan tentang tarif KA bandara, sebagaimaan dikutip Antara, Edi mengatakan hal itu belum diputuskan. Namun berdasarkan data yang dihimpun wartawan besaran tarif disebut-sebut sekitar Rp100.000 per penumpang.

Total panjang jalur KA bandara dari Manggarai menuju Soekarno Hatta adalah 37,126 kilometer dengan rincian Stasiun Manggarai-Stasiun Sudirman sepanjang 3,186 kilometer Stasiun Sudirman Baru-Stasiun Duri sepanjang 6,472 kilometer, Stasiun Duri-Stasiun Batuceper sepanjang 15,688 kilometer, dan Stasiun Batuceper- Stasiun Bandara Soetta sepanjang 11,780 kilometer.

Penggunaan prasarana untuk kereta bandara akan menggunakan jalur eksisting sepanjang 24,2 mm dan 12,1 kilometer jalur baru dengan total pengadaan 10 rangkaian kereta.

Sementara itu, KA bandara memiliki empat relasi di antaranya relasi Jakarta-Soetta dengan 20 perjalanan, relasi Soetta-Jakarta dengan 20 perjalanan, relasi Manggarai-Duri-Soetta dengan 21 perjalanan dan relasi Soetta-Duri-Manggarai dengan 21 perjalanan.

KA bandara sendiri akan melalui lima stasiun yakni Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper, dan Stasiun Bandara Internasional Soekarno Hatta.