Suasana pelaksanaan contraflow di Km 14 jalan tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek. (Istimewa)

Jasa Marga Berlakukan “Contraflow”

JAKARTA (Independensi.com) – Dalam upaya mengantisipasi kepadatan di jalan tol Jakarta Cikampek akibat kecelakaan crane pengangkut Variable Message Sign (VMS), PT Jasa Marga (Persero) Tbk bekerjasama dengan kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow di Km 14 hingga Km 21 arah Cikampek sejak pukul 09.45 WIB, Kamis (16/11).

Saat ini, crane masih berada di bahu jalan dan sebagian lajur satu pada Km 15 jalan tol Jakarta Cikampek arah Cikampek. Selain melakukan contraflow untuk mencairkan kepadatan, saat ini Jasa Marga tengah melakukan pemotongan body crane dan memposisikannya di kondisi normal dengan menggunakan crane milik proyek Light Rail Transit (LRT) berkapasitas 250 ton.

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan agar menggunakan jalur alternatif untuk menghindari kepadatan yang masih terjadi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 15, di antaranya sebagai berikut :

– Dari arah Tol Dalam Kota, pengguna jalan keluar di Pancoran untuk melintasi arteri Cawang-Kalimalang-Bekasi Barat hingga Bekasi Timur. Pengguna jalan dapat kembali masuk ke Jalan Tol Jakarta Cikampek melalui Gerbang Tol (GT) Bekasi Timur.

– Dari arah Jalan Tol JORR TMII arah Cikampek, pengguna jalan keluar di Jatiasih untuk melintasi arteri Jatiasih-Pekayon-Bekasi Barat hingga Bekasi Timur. Pengguna jalan dapat kembali masuk ke Jalan Tol Jakarta Cikampek melalui GT Bekasi Timur.

– Dari arah Jalan Tol JORR Akses Tanjung Priok (ATP) arah Cikampek, pengguna jalan keluar di Kranji/Kalimalang untuk melintasi arteri Kalimalang-Bekasi Barat hingga Bekasi Timur. Pengguna jalan dapat kembali masuk ke Jalan Tol Jakarta Cikampek melalui GT Bekasi Timur.

Melalui rilisnya, Jasa Marga meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan dan terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk mengatasi dampak kepadatan di lokasi kejadian. Jasa Marga juga berterima kasih atas kesabaran para pengguna jalan, dan memohon maklum terkait insiden ini.

Antisipasi perjalanan melalui informasi terkini yang dapat diakses melalui: Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080, Twitter @PTJASAMARGA (khusus informasi lalu lintas) dan @official_JSMR (untuk informasi umum lainnya), Instagram @official.jasamarga dan Website http://www.jasamarga.com