Para peserta Sinar Mas Land Basketball Tournament 2017 berfoto bersama usai acara undian gruo di Jakarta, Rabu (22/11). (Istimewa)

Basket Sinar Mas Land Terapkan Aturan Baru

JAKARTA (IndependensI.com) – Ajang basket bertajuk Sinar Mas Land Basketball Tournament (SMLBT) 2017 kembali digelar. Perhelatan yang untuk kali kelima digelar, akan dimainkan di The Breeze, BSD City, Tangerang, pada 27 November – 3 Desember 2017. Adapun peserta yang biasanya dari kalangan jurnalis, untuk tahun ini mengundang peserta dari perusahaan teknologi digital (e-commerence). Selain itu terdapat aturan main yang baru diterapkan, yakni setiap tim peserta diperbolehkan memainkan satu pebasket mantan pemain nasional dengan batasan usia 40 tahun dan tidak ada lagi batasan pemain redaksi maupun nonredaksi. Aturan ini dilakukan agar pertandingan berjalan lebih seru dan meningkatkan kualitas dari turnamen.

“Kali ini boleh memainkan mantan pemain nasional agar lebih berkualitas dan seru. Memang harus dibedakan dengan Ibbamnas (Invitas Bola Basket Antar Media Nasional). Walau ada pembatasan usia, diharapkan bisa tampil maksimal,” ujar Head of Corporate Communication Sinar Mas Land, Panji Himawan disela acara undian grup SMLBT 2017, Rabu (22/11). Kendati demikian, Panji berharap dengan dibukanya regulasi tersebut, tim peserta tidak memainkan pebasket cabutan yang diperuntukkan bermain di SMLBT 2017. “Sanksi tegas diberikan bila ada tim yang melanggar aturan soal pemain dan tidak sportif,” imbuh Panji.

Lebih jauh Panji mengatakan, masuknya kategori baru yaitu perusahaan teknologi digital diharapkan bisa meningkatkan animo perusahaan sejenis, untuk turut serta pada perhelatan berikut. Dirinya menegaskan, turnamen yang sama akan bergulir tahun depan dengan mengundang komunitas lain untuk bermain. “Turnamen ini bukan sekedar menang-kalah. Kami menginginkan para peserta berkontribusi untuk meningkatkan kualitas turnamen, sehingga bukan tidak mungkin turnamen ini digelar secara kontinyu dan bertambah lagi komunitas yang ikut serta,” ujar Panji.

Ajang Sinar Mas Land Basketball Tournament 2017 diikuti 18 tim terdiri dari 10 tim basket jurnalis dan delapan tim perusahaan teknologi digital atau e-commerence. Adapun tim jurnalis terdiri dari: Kompas TV, Kompas Gramedia, MNC Grup, Mahaka Media, Media Grup, SCTV Emtek, Net TV, CNN Indonesia, RCTI dan Jusraga. Sedangkan dari tim e-commerence: Sobatku, Digital Hub BSD, AXA, Blibli.com, Dimension Data Indonesia, Orami, Qoo10 dan Sale Stock.

Perhelatan ini menggunakan aturan pertandingan dari PP Perbasi dan dibagi dalam tiga grup untuk jurnalis serta e-commerence dengan sistem setengah kompetisi. Pada babak final nanti, akan memainkan finalis dari kategori jurnalis dan e-commerence.