Ketua Umum PIA Ardhya Garini, Nanny Hadi Tjahjanto

Hut Ke 61 PIA Ardhya Garini Gelar Festival Edukasi Sekolah Angkasa

JAKARTA (Independensi.com) – Ketua Umum PIA Ardhya Garini Nanny Hadi Tjahjanto berharap agar penyelenggaraan Festival Edukasi Sekolah Angkasa (FESA) tingkat Nasional ini dapat meningkatkan mutu pendidikan setiap insan pendidikan yayasan sekolah Angkasa TNI Angkatan Udara (AU) di seluruh Indonesia.

Nanny Hadi Tjahjanto yang juga merupakan istri dari Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) ini mengatakan kegiatan Festival Edukasi Sekolah Angkasa sendiri merupakan kegiatan pertama yang digagas oleh Pia Ardhya Garini dalam rangka memperingati HUT ke 61.

Perlu diketahui, Pia Ardhya Garini sendiri merupakan organisasi Isteri anggota TNI Angkatan Udara yang membantu Kepala Staf TNI AU dalam pembinaan istri prajurit dan keluarganya, khususnya bidang mental, fisik, kesejahteraan, pendidikan dan moril.

Sesuai dengan Keputusan Panglima ABRI Nomor : Kep/03/VI/1987 tanggal 1 Juni 1987 tentang penyesuaian unsur Keluarga Besar ABRI (KBA) dan jajarannya dengan Undang – undang Republik Indonesia nomor 8 tahun 1985, maka sejak bulan Juni 1987 PIA Ardhya Garini resmi menjadi organisasi kemasyarakatan dengan lingkup Nasional.

“FESA ini baru pertama kali diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan mutu insan pendidikan yayasan sekolah angkasa di seluruh Indonesia,” jelas dia di Lapangan Skuadron Udara 45 Halim Perdana kusuma, Jakarta Timur, Kamis (23/11/2017).

“Festival ini juga merupakan kegiatan setara olimpiade yang juga bertujuan untuk mengukur ini sejauh mana kemampuan siswa – siswa (read-angkasa), sambung Nanny.

Nanny juga menjelaskan, kegiatan FESA ini diikuti oleh 590 peserta dari tingkat SD, SMP dan SMU, serta total 282 dan 141 peserta untuk Guru dan Kepala Sekolah Angkasa seluruh Indonesia. Semua peserta sudah terseleksi dari ribuan peserta yang mendaftar.

“Jadi ketika sekarang akan meningkatkan mutu yang bagus, mutu pendidikan di Jakarta dengan di Samarinda akan sama begitu juga didaerah lain dan harapanya setiap tahun akan kami selenggarakan festival ini,” imbuh dia.

Sementara itu, saat ditanya harapanya akan penyelenggaraan kegiatan FESA berbarengan dengan kegiatan TNI AU yang Indonesia Jaya Expo. Nanny berharap kedua kegiatan ini dapat memotivasi para siswa siswi sekolah yayasan Angkasa. Sebab, para siswa dan siswi akan diikutsertakan pada puncak acara Indonesia Jaya Expo di Kota Casablanca Sabtu (25/11/2017).

“Sehingga mereka memiliki motivasi untuk bisa menjadi seperti para TNI AU yang sudah berprestasi. Dan mereka akan percaya diri untuk meningka tkan diri mereka agar bisa berada di posisi yang sama dengan para TNI AU yang sudah berprestasi tersebut,” demikian Nanny.

Untuk diketahui, TNI Angkatan Udara menggelar Festival Edukasi Sekolah Angkasa (FESA) tingkat Nasional dari tanggal 23 – 25 November 2017. Kegiatan ini diikuti oleh ratusan siswa , siswi serta guru dan kepala sekolah tingkat SD, SMP dan SMU dari seluruh Indonesia.

Festival Edukasi Sekolah Angkasa (FESA) ini sendiri merupakan serangkaian dari kegiatan Jaya Expo TNI AU 2017 yang digelar untuk memperingati HUT Pia Ardya Garini yang ke-61.(tyo)