Roberto Azevedo, Direktur Jenderal WTO

Ketua WTO Soroti Dampak Negatif Kemajuan Globalisasi

Loading

JENEWA (independensi.com)  – Globalisasi secara keseluruhan telah membawa kemajuan, namun sayangnya tidak semua orang memperoleh keuntungan dari situ, Ketua Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) Roberto Azevedo mengatakan pada Rabu (22/11/2017).

“Banyak orang merasa terputus dari kemajuan ekonomi,” kata direktur jenderal WTO, “Kita perlu menanggapi situasi ini, artinya menggunakan semua alat yang tersedia untuk mendorong pertumbuhan, pengembangan, penciptaan lapangan kerja dan inklusivitas.” Untuk mendukung hal ini, WTO meluncurkan Laporan Perdagangan Dunia 2017 dan juga sebuah laporan bersama dengan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia, yang bertujuan menjadikan perdagangan sebagai mesin pertumbuhan untuk semua.

Azevedo berbicara di sebuah seminar tingkat tinggi, dimana Perdana Menteri Swedia Stefan Lofvens mengatakan bahwa perdagangan adalah mesin dalam ekonomi global.

“Kami bisa membeli barang-barang yang tidak kami produksi sendiri,” kata perdana menteri. “Sederhananya: perdagangan membuat negara kita tumbuh.” Perdagangan merupakan faktor penting yang telah membawa Swedia dari salah satu negara-negara termiskin “di pinggiran Eropa” menjadi salah satu yang berada di garis depan ekonomi global. “Butuh waktu sekitar 100 tahun, dan landasannya adalah ekonomi pasar global, perdagangan bebas, keterbukaan dan persaingan. Tapi juga … produksi cerdas, inovasi dan jaminan sosial,” dan ekonomi pasar global, kata Lofvens.

Namun demikian, dia mengingatkan bahwa ketika ketidaksetaraan meningkat, seperti dunia telah saksikan, dan beberapa orang mengumpulkan kekayaan dengan mengorbankan banyak orang, ekonomi dalam jangka panjang akan menjadi tidak stabil.

“Kita harus mengatasi skeptisisme publik terhadap keuntungan perdagangan bebas dan globalisasi, dan meningkatnya ketidakpercayaan terhadap solusi politik,” kata Lofvens dikutip xinhua.