Prosesi wisuda mahasiswa D3, S1, dan S2 Kalbis Intitute di Maria Convention Hall, Kelapa Gading, Jakarta, Rabu (13/12/2017) pagi. (Dokumentasi Kalbis Institute)

Kalbis Institute Cetak 354 Lulusan Baru Siap Terap

JAKARTA (IndependensI.com) – Kalbis Institute kembali mencetak ratusan lulusan baru siap pakai. Sebanyak 354 orang mahasiswanya diwisuda di Maria Convention Hall, Kelapa Gading, Jakarta, Rabu (13/12/2017) pagi ini.

Program studi S1 Manajemen mencetak paling banyak lulusan dengan 80 orang. Wisudawan lainnya terdiri atas 62 orang mahasiswa S1 Akuntansi, satu mahasiswa D3 Akuntansi, 67 mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi, 39 mahasiswa S1 Informatika, 51 mahasiswa S1 Sistem Informasi, serta 54 mahasiswa S2 Magister Manajemen.

Sebanyak tiga orang wisudawan, semuanya di jenjang S2, lulus dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi yaitu 4,00. Mereka yang meraih predikat cum laude adalah Yudi Dwi Harjo, Yukiko, dan Winny Rosaline Gunawan.

Di jenjang diploma, IPK tertinggi diraih Shintia Cristina dari program studi D3 Akuntansi, dengan 3,95. Di jenjang sarjana, Syahena Manwarjit dari program studi Ilmu Komunikasi menjadi lulusan terbaik dengan IPK 3,98.

Dari segi usia, lulusan termuda untuk jenjang diploma dan sarjana adalah 21 tahun. Di jenjang magister, usia wisudawan termudanya adalah 23 tahun.

Wisuda kali ini dilaksanakan sesuai Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 257/M/KPT/2017. Prosesi disaksikan Seketaris Pelaksana Kopertis Wilayah III, Putut Pujogiri, SH.

Kalbis Institute mulai memberlakukan nama serta beberapa gelar baru lulusan program studi, yaitu Program Studi Teknik Informatika berubah menjadi Program Studi Informatika. Gelar lulusan Program Studi Akuntansi menjadi SAk, gelar lulusan Program Studi Manajemen menjadi SM, sedangkan gelar lulusan Program Studi D3 Akuntansi menjadi AMdAk

Setiap tahun, Kalbis Institute selalu memberikan apresiasi tinggi kepada mahasiswa yang aktif memberikan kontribusinya terhadap kegiatan kemahasiswaan baik akademis maupun non-akademis, tanpa mengurangi kewajiban utama untuk belajar dan mempertahankan nilai akademis. Mahasiswa teladan ini diberikan penghargaan Yayasan Pendidikan KALBE (YPK) Award 2017. Tahun ini, penghargaan tersebut diberikan kepada Andre dari program studi Akuntansi.

Sesuai tradisi, wisudawan tahun ini turut memberikan sumbangsih alumni sebagai tanda kasih dan kepedulian alumni terhadap almamaternya dengan uang tunai sebesar Rp70.800.000. Tanda kasih itu diberikan secara simbolis oleh Ketua Ikatan Alumni 2017, Vanessa Jacobus, kepada Rektor Kalbis Institute, Ir Sablin Yusuf, MSc, MCompSc.

Dalam sambutannya, Sablin mengucapkan selamat kepada para wisudawan atas keberhasilan menyelesaikan studi di Kalbis Institute.

“Buktikanlah bahwa lulusan Kalbis Institute mampu memberi warna dan mampu berkiprah secara kompetitif di masyarakat luas. Berikan inovasi yang berarti dalam kancah dunia kerja,” kata sang rektor kepada para wisudawan.

Dari wisuda hari ini, jumlah anggota komunitas lulusan Kalbis Institute yang siap terap dan akan mempersembahkan bakti dan karyanya kepada bangsa dan negara, bertambah banyak. Kalbis Institute pada 2017 ini sudah berusia lima tahun dan saat ini menjadi tempat belajar untuk sekitar 2.300 orang mahasiswa aktif.