Jelang Malam Natal, Jalanan di Jakarta Lengang, Gerbang Tol Cikarang Lancar

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Sehari menjelang perayaan Natal, Minggu (24/12/2017), beberapa ruas jalan di kawasan DKI Jakarta terpantau lengang dan lancar. Berdasarkan pantauan sekitar pukul 09.00 hingga 12.30 WIB, beberapa ruas lalu lintas lancar antara lain Jalan Rasuna Said, dan arah Cawang menuju Grogol.

Suasana lengang juga tampak di Jalan Medan Merdeka Barat menuju Harmoni, begitu pun dari arah sebaliknya. Beberapa kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor yang melintas melaju dengan kencang memanfaatkan situasi jalan yang sepi tersebut. Keramaian terjadi di ruas Jalan Sudirman menuju Jalan MH Thamrin.

Warga memadati kawasan Jalan Sudirman saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jakarta, Minggu (24/12/2017). Keramaian terjadi di Jalan Medan Merdeka Timur dan Jalan Pejambon menuju ke arah Stasiun Gambir.

Tol Cikampek Lancar
Di bagian lain, berdasarkan informasi dari Pusat Pengelolaan Lalu-lintas (TMC) Polda Metro Jaya, pada pukul 12.42 WIB, situasi lalu lintas di Gerbang Cikarang Utama arah Cikampek antrian saat ini terpantau ramai lancar. Lalu lintas menuju hingga gerbang tol Cikarang Utama sehari menjelang Natal arah Cikampek lancar setelah beberapa hari sebelumnya padat hingga terjadi antrean panjang arus mudik Natal dan Tahun Baru 2018.

Wartawan di Cikarang, Jawa Barat, Minggu (24/12/2017), melaporkan kendaraan yang datang dari arah Jakarta menuju tol Cikarang Utama berjalan sangat lancar hingga di gerbang pembayaran. Bahkan beberapa lokasi pembayaran di tol tersebut tampak kosong dari pengemudi yang ingin lewat.

Puncak kepadatan lalu lintas di pintu tol tersebut sudah lewat yaitu pada Jumat dan Sabtu (22-23/12/2017). Kepadatan kendaraan justru terjadi mulai kilometer 32 arah Cikampek karena ada penyempitan jalan mengingat ada pembangunan di median jalan tol.

Sekalipun ada proyek pembangunan yang pada saat ini dihentikan sementara, kendaraan masih bisa berjalan secara perlahan dan tidak berhenti total. Pengemudi diminta untuk tetap waspada saat mengendarai karena beberapa ruas jalan bergelombang dan berlubang akibat pembangunan proyek belum selesai.

Menjelang dan saat libur Natal dan Tahun Baru 2018, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menyiapkan sejumlah langkah guna menghadapi kepadatan arus lalu lintas di jalan tol yang kerap terjadi di gerbang-gerbang tol tertentu ketika menjelang libur panjang.

Puncak arus mudik libur Natal terjadi pada H-3 atau tanggal 22 Desember 2017, arus lalu lintas di GT Cikarang Utama yang menjadi akses keluar-masuk Jakarta, meningkat sebanyak 32,05 persen, yaitu sebanyak 103.000 kendaraan dari arus lalu lintas normal yakni 78.000 kendaraan atau naik 1,48 persen dari Tahun 2016.

Kenaikan volume kendaraan pada puncak arus mudik Natal pun diperkirakan terjadi di gerbang tol lainnya, di antaranya adalah GT Cileunyi – Jalan Tol Purbaleunyi,Bandung, Jabar yang mengalami kenaikan sebesar 21 persen (34.350 kendaraan) atau naik 21 persen dari normal (28.180 kendaraan).

Sedangkan GT Ciawi- Jalan Tol Jagorawi meningkat sebesar 17 persen (36.557 kendaraan) atau naik 17 persen dari lalin normal (31.225 kendaraan). Prediksi peningkatan volume lalin juga diperkirakan terjadi di GT Cengkareng-Jalan Tol Jakarta-Tangerang-Cengkareng meningkat sebesar 5,3 persen (95.087 kendaraan) atau naik 5,3 persen dari lalin normal (90.249 kendaraan). (antara)