Arus Mudik Angkutan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 Berjalan Lancar

PEMALANG (IndependensI.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pada Minggu (24/12/2017) melakukan pemantauan arus mudik Angkutan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Hasil pemantauan arus mudik Natal dan Tahun Baru berjalan lancar.

“Hari ini saya melakukan pemantauan via udara dan sengaja mengunjungi beberapa titik yakni Gerbang Tol Brebes Timur, Pemalang dan Gerbang Tol Cikarang Utama. Kita akan menyelesaikan arus mudik hari ini. Semua berjalan baik dan lancar,” kata Menhub di Pemalang, Jawa Tengah.

Menhub mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam arus mudik ini. “Saya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Polres, Polda, Dishub, dan jajaran Kemenhub yang saya pantau melakukan kegiatan angkutan Natal dan Tahun Baru dengan baik. Semua menurut saya sudah dengan koordinasi yang baik,” kata Budi Karya.

Mengenai kemacetan yang terjadi beberapa hari lalu, Menhub mengatakan itu terjadi karena adanya bottle neck. Ia mengatakan bahwa pada angkutan lebaran kemarin tol Cipali ini terbantu dengan dibukanya tol Gringsing. Namun sekarang pada angkutan Natal dan Tahun Baru ini, dengan tidak dioperasikannya tol Gringsing, yang akan diintensifkan untuk angkutan Lebaran 2018, tentunya ada bottle neck, terjadi suatu sumbatan. Menurut Menhub ini lebih baik dilakukan dari pada nanti lebaran terjadi sebuah masalah.

Menhub secara konsisten memberikan pimpinan dan komando angkutan Natal dan Tahun Baru ini di bawah Kakorlantas sehingga diskresi, buka tutup pintu tol, membuat contra flow, dapat dilakukan Kakorlantas. Hal ini tentunya sudah dikoordinasikan dengan Ditjen Perhubungan Darat dan Kapolres yang ada.

“Saya sudah meminta Kapolres untuk menggunakan jalan-jalan yang ada agar dimanfaatkan secara baik untuk mengurai kemacetan. Karena kita sudah menetapkan itu Kapolres sudah bergerak dan saya tadi dapat laporan dari Kapolres Pekalongan, Pemalang, Brebes sudah dilakukan upaya-upaya mencari jalan. Akibatnya sekarang sudah agak lapang,” tutur Menhub. (kbn)