Jelang Natal Polisi Sterilkan Gereja di Makassar

MAKASSAR (IndependensI.com) – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan melakukan sterilisasi sejumlah gereja di Makassar, Sulawesi Selatan sebagai bagian pengamanan perayaan Natal 2017. “Sudah dilakukan sterilisasi di beberapa gereja oleh tim gegana Polda Sulsel jelang pelaksanaan natal besok,” kata Komandan Tim Jibom Gegana Polda Sulsel Ipda Syamsuddin di Gereja Katerdral Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (24/12/2017).

Menurutnya pemeriksaan dan sterilisasi ini dilaksanakan sebagai bagian dari tugas pengamanan yang dijalankan agar perayaan hari Natal bisa berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada gangguan Kamtibmas.

Selain itu, pemeriksaaan tidak hanya di lakukan di dalam gereja tetapi di areal gereja, parkiran motor dan mobil hingga orang yang akan masuk diperiksa. Disaat bersamaan hari Minggu ini bertepatan dengan hari ibadah kebaktian.

“Semua bagian di gereja diperiksa menggunakan metal detektor, pemeriksaan diluar gereja juga dilakukan termasuk orang yang masuk. Pemeriksaan lanjutan akan dilakukan sore dan malam nanti untuk memastikan tidak ada kendala keamanan dan acaman orang tidak bertanggungjawab,”katanya.

Sementara itu Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Dicky Sondani menyebutkan untuk pengamanan, kepolisian juga menempatkan personil di 18 gereja yang tersebar di wilayah Makassar dengan 180 personil Polri disiagakan.

Untuk pengamanan Kota, kata dia, sebanyak 3.500 personil disiagakan pada sejumlah tempat pelaksanaan hari Natal termasuk di pusat keramaian, hotel hingga perkantoran.

Mengenai sterilisasi seluruh gereja yang akan digunakan jemaat dalam melaksanakan perayaan Natal di Makassar sudah dilakukan dengan menurunkan tim penjinak bom dan anggota Brimob dari Polda guna melakukan pengawasan dan pengamanan.

“Untuk memastikan situasi aman dan terkendali, tim Jibom telah diturunkan untuk melakukan pengamanan dan sterilisasi di sekitar gereja. Malam nanti juga dilakukan peninjauan ke gereja oleh Kapolda Sulsel didampngi Kapolretabes dan jajaran Polsek di Kota Makassar,” tambahnya. (antara/kbn)