Gabah Melimpah, Petani Sumringah

LAMPUNG (IndependensI.com)  – Di penghujung akhir tahun,  kesibukan para petani di Kecamatan Pardasuka,  Kabupaten Pringsewu sangat luar biasa,  tidak ada libur namun semuanya tampak bahagia. Kondisi tersebut bukan tanpa alasan, karena di Bulan Desember disaat beberapa wilayah sedang musim tanam,  para petani di lima pekon Kecamatan Pardasuka disibukkan dengan panen seluas 107,25 ha, terlebih harga sedang bersahabat dengan para petani.

Pada saat dilakukan pengawalan oleh tim Inspektorat  II Kementerian Pertanian didampingi oleh Kabid Pertanian Kabupaten Pringsewu,  para petani sedang memanen padi.

“Alhamdulillah panen kali ini sangat menguntungkan petani dengan harga GKG senilai Rp6.300, GKP senilai Rp4.800, semoga panen kali ini memacu semangat para petani untuk mencapai  Indonesia sebagai Lumbung Pangan Dunia”,  begitu kata tim inspektorat II  yang ditugaskan ke wilayah terebut.

Panen kali ini merupakan panen dengan varietas ciherang dan inpari 30 dengan provitas 5,77 ton/ha.  Meski terkendala dengan hama burung,  namun petani bisa mengatasinya dengan baik