Faktor “Perempuan” Dibalik Mundurnya Abdullah Azwar Anas?

JAKARTA (IndependensI.com) – Keputusan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengundurkan diri sebagai bakal Calon Wakil Gubernur Jawa Timur mengubah peta politik Jawa Timur. Keputusan Anas–demikian ia biasa dipanggil–juga menimbulkan berbagai spekulasi.

Situasi politik di Jawa Timur sedikit memanas menjelang pendaftaran Cagub dan Cawagub Pilkada Jatim. Abdullah Azwar Anas seharusnya mendampingi Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sebagai bakal Calon Gubernur Jatim. Namun pada Kamis (4/1/2018) kemarin Abdullah Azwar Anas tiba-tiba menyatakan mundur sebagai Cawagub.

Kepastian soal mundurnya Bupati Banyuwangi itu dibenarkan Gus Ipul. Wakil gubernur Jatim itu mengakui telah dihubungi Azwar Anas dan menyampaikan niatnya untuk mundur dari posisi wakil Gus Ipul di Pilkada Jatim. “Saya sempat kaget. Kemudian, saya juga dapat informasi dari partai pengusung soal rencana mundurnya Azwar Anas,” kata Gus Ipul.

Sayangnya, Gus Ipul tidak menjelaskan penyebab rencana mundurnya Azwar Anas. “Nanti biar Mas Anas saja yang langsung menjelaskan. Saya juga belum tahu, rencananya dia ingin menyampaikan langsung apa penyebabnya,” kata Gus Ipul.

Mundurnya Abdullah Azwar Anas menimbulkan berbagai spekulasi dari berbagai pihak, termasuk partai pengusung. Pengunduran diri Anas sudah disampaikan langsung ke partai pengusung. “Saya sudah dengar dari Basarah (Ahmad Basarah, Wasekjen PDIP),” kata Wasekjen PKB Maman Imanulhaq.

Meski demikian, Maman tidak mengetahui alasan mundurnya Anasnya dari Pilgub Jatim. “Nggak tahu alasannya mungkin ingin konsentrasi di Banyuwangi,” ungkapnya..

Ketika di daerah lain banyak yang mengejar ngejar supaya dipilih menjadi Cagub atau Cawagub, justru Anas yang sudah dipilih partai pengusung malah mengundurkan diri. Ada apa gerangan? Pasti ada sesuatu yang sangat urgent. Apa betul hanya karena Abdullah Azwar Anas ingin konsentrasi membangun Kabupaten Banyuwangi? Kabupaten Banyuwangi memang sedang seksi karena banyak kemajuan di masa kepemimpinan Anas.

Namun sejumlah sumber IndependensI.com menyebutkan bahwa ihwal mundurnya Abdullah Azwar Anas terkait dengan masalah pribadinya, bukan urusan pembangunan Banyuwangi. Anas selama ini dikenal sangat dekat dengan banyak perempuan, termasuk artis. Dari artis lokal hingga artis ibu kota. Ketika melakukan berbagai kegiatan penting di Banyuwangi, Bupati ini sering mengundang artis ibu kota hadir di sana.

Karena kedekatannya dengan artis tersebut pula, Anas pernah diisukan nikah siri dengan artis flamboyan, panas dan sexy yakni Ayu Azhari. Berita tentang nikah siri Anas dengan Ayu Azhari sudah merebak sejak beberapa waktu lalu. Pemberitaan seputar nikah siri itu cukup menyebar dan sempat hilang seiring dengan berakhirnya Pilkada dimana Anas memenangkan pilkada periode kedua di Kabupaten Banyuwangi.

Namun, ketika menjelang Pilkada Jatim 2018, di mana Anas akan tampil mendampingi Cagub Gus Ipul sebagai cawagub, berita kurang sedap itu muncul lagi. Menurut sumber tadi, banyak foto-foto mesra Anas dengan wanita yang jelas bukan istrinya. Foto-foto “panas” itu dipastikan bisa menjadi modal dari pihak lawan politik untuk menjatuhkan pasangan Gus Ipul-Anas. Kalau Anas tidak mundur foto-foto panas itu siap diluncurkan.

“Mungkin karena pertimbangan itu, akhirnya Abdullah Azwar Anas memutuskan untuk mundur. Mumpung ada waktu beberapa hari lagi sebelum mendaftar ke KPU Jatim,” kata sumber Independensi.com yang merupakan kerabat dekat sekaligus teman kuliah Anas. Namun ia minta jangan disebut namanya. “Soal yang satu itu, Anas memang agak lemah, itu memang dari dulu,” katanya.

Sumber tadi mengatakan, bahwa faktor kedekatannya dengan sejumlah artis ibu kota itu besar kemungkinan menjadi salah satu penyebab Abdullah Azwar Anas mundur. Anas tidak cuma dekat dengan Ayu Azhari, tetapi juga beberapa artis dan perempuan lainnya. (berbagai sumber/SWO)