Asda 3 Kota Bekasi Dadang Hidayat. (foto:jonder sihotang)

Pemkot Bekasi Berharap Dana Kemitraan Pemprov DKI Berlanjut

BEKASI (IndependensI.com)-  Tahun 2018 ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, tetap memberikan dana kemitraan sebagai daerah yang bertetangga. Sebab dana kemitraan itu sudah berjalan  setiap tahunnya.Tujuannya untuk pembangunan.

Namun, kali ini Pemerintah Kota Bekasi pesimis bisa memperoleh dana kemitraan (dinamis),  sebab sampai sekarang, belum ada pembahasan lebih detail terkait mekanisme pemberian dana kemitraan itu dari Ibu Kota.‎

Terkait hal itu, Asisten Daerah III Kota Bekasi, Dadang Hidayat mengemukakan,  DKI baru menyetujui pemberian dana uang bau atau  kompensasi (statis) khusus warga yang tinggal di dekat Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang dan perbaikan beberapa infrastruktur.

Dikatakan,  sebanyak 18.000 Kepala Keluarga (KK) warga di tiga kelurahan lokasi TPST Bantargebang mendapat bantuan sebesar Rp 600.000 per tiga bulan atas kompensasinya bermukim di dekat TPST milik DKI Jakarta.

Dadang kemarin menyebukan, tahun ini dana statis yang diterima Kota Bekasi sebesar Rp 202 miliar,  Dana  yang diterima Kota Bekasi belum dipotong dana talangan uang bau sampah yang dilakukan Kota Bekasi sebesar Rp 64 miliar pada 2017 lalu.

Bila dikurangi, maka nilai dana statis yang diterima Kota Bekasi murni pada tahun 2018 sekitar Rp 138 miliar.

Ò “Tahun lalu kita dapat bantuan dana statis dan dinamis hingga Rp 318 miliar. Rinciannya dana statis Rp 70 miliar dan dana dinamis Rp 248 miliar,” ujarnya.

Meski dana statis yang didapat Kota Bekasi lebih besar dibanding tahun lalu, namun dia tetap pesimis bisa memperoleh dana dinamis. Sebab DKI Jakarta juga mengeluarkan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk memperbaiki venue yang digunakan dalam ajang Asian Games 2018 XVIII (ke-18).

“Walaupun mayoritas perbaikan venue dilakukan pemerintah pusat, namun DKI Jakarta juga turut mengeluarkan dana untuk memperbaiki venue,” jelasnya.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (SDA) Kota Bekasi, Tri Adhianto  mengatakan, seluruh dana kemitraan dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur, penanggulangan banjir dan perbaikan jalan. “Pembangunan sarana pendidikan untuk warga di sekitar TPST Bantargebang juga berasal dari dana tersebut,” kata Tri. (jonder sihotang)