Liverpool Tergoda, Philippe Coutinho Akhirnya Gabung Barcelona

BARCELONA (IndependensI.com) -Pemain Liverpool Phillipe Coutinho menjadi salah satu target  pemain  yang diincar Barcelona sejak lama. Namun, selama ini pemilik klub Liverpool tidak bergeming dengan tawaran mahal yang disodorkan klub kaya asal Spanyol, Barcelona FC. Tapi tawaran itu selalu ditolak oleh Liverpool, karena keberadaan Philippe Coutinho sangat vital.

Meski demikian, Barcelona  terus mengejar dan memberikan tawaran lebih menarik agar pemain Brazil yang memiliki talenta hebat itu bisa dibawa ke Nou Camp, markas Barcelona FC.  Upaya itu pun akhirnya membuahkan hasil, karena masa transfer Januari 2018 ini Liverpool FC tergoda dengan penawaran Barcelona. Barcelona dan Liverpool akhirnya menemukan titik temu.

Barcelona akan merekrut gelandang Brazil Philippe Coutinho dari Liverpool dengan ikatan kontrak lima setengah tahun, kata kedua klub pada Sabtu (6/1/2018) atau Minggu (7/1/2018) WIB. Media Inggris melaporkan bahwa klub Spanyol itu akan membayar sekitar 142 juta pound untuk Coutinho, membuat dirinya menjadi pemain termahal peringkat ketiga sepanjang sejarah sepak bola.

“Barcelona dan Liverpool telah mencapai kesepakatan untuk transfer Philippe Coutinho,” kata sang pemuncak klasemen Liga Spanyol itu dalam pernyataannya.

“Sang pemain akan meneken kontrak untuk sisa musim dan lima musim selanjutnya dan akan memiliki klausa pelepasan sebesar 400 juta euro.” “Dalam beberapa jam mendatang kami akan memberikan detail mengenai kedatangan sang pemain dan presentasinya.” Liverpool mengonfirmasi kesepakatan ini.

“Liverpool FC dapat mengonfirmasi bahwa Philippe Coutinho akan meninggalkan klub setelah kesepakatan transfer tercapai dengan FC Barcelona, yang masih menunggu tes medis dan kesepakatan mengenai beberapa hal pribadi,” kata klub Liga Inggris itu.

“Sang pemain sekarang memiliki izin untuk menyelesaikan formalitas-formalitas untuk menutup proses transfer secepatnya.” Paris St Germain (PSG) membayar Barcelona 222 juta euro untuk mendapatkan penyerang Brazil Neymar pada Agustus, dan klub Prancis itu akan membayar 180 juta euro kepada Monaco untuk merekrut Kylian Mbappe ketika ia telah menyelesaikan masa pinjamnya musim ini.

Nilai Coutinho akan melampaui jumlah 105 juta euro yang dibayarkan Barca kepada Borussia Dortmund untuk penyerang Prancis Ousmane Dembele pada Agustus dan 75 juta pound yang didapatkan Liverpool untuk Luis Suarez pada 2014.

Surat kabar AS mengatakan Coutinho (25) diperkirakan akan menyaksikan pertandingan sang pemuncak klasemen Liga Spanyol melawan Levante pada Minggu di box eksekutif di Nou Camp.

Pemain Brazil itu tidak membela Liverpool pada dua pertandingan terakhir mereka melawan Burnley di Liga Inggris dan Everton di Piala FA, di mana manajer Juergen Klopp mengatakan ia menderita cedera paha.

Coutinho tidak ikut Liverpool melakukan perjalanan ke Dubai pada Sabtu untuk menjalani latihan di tempat bersuhu hangat. (antara/reuters)