Jurgen Klopp
Jurgen Klopp. (foto istimewa)

Klopp Masih Kritik Pertahanan Liverpool

JAKARTA (IndependensI.com) – Pelatih Jurgen Klopp tidak puas dengan kinerja pemain belakangnya seusai Liverpool disingkirkan West Bromwich Albion pada babak keempat Piala FA 2017/2018, Sabtu (27/1/2018) waktu setempat. The Reds keok 2-3.

Klopp menyesali buruknya pertahanan Liverpool. Roberto Firmino membuka gol The Reds pada menit kelima, namun West Brom membalas hanya dua menit berselang atau menit ketujuh melalui Jay Rodriguez, dan berbalik unggul lewat gol kedua Rodriguez pada menitke-11.

Jelang  turun minum, Liverpool tertinggal lebih jauh setelah bek tengah Joel Matip membuat gol bunuh diri menit ke-45+2. Liverpool baru bisa memperkecil ketertinggalan melalui gol Mohamed Salah menit ke-78.

“Semua orang melihat, kami membuat kesalahan besar dan membiarkan mereka kembali dalam permainan,” kata Klopp kepada BT Sport dilansir ESPN. “Sudah jelas, apa yang kami lakukan salah. Kami memenangi bola pertama, tapi kehilangan yang kedua dan yang ketiga. Jadi, ini tidak masuk akal.”

Klopp sangat kecewa dengan gol kedua West Brom, di mana Rodriguez muncul tanpa kawalan untuk menempatkan The Baggies -julukan West Brom- unggul pada menit ke-11. “Yang kedua, wow, benar-benar pertahanan yang buruk,” imbuhnya. “Seluruh pemain terlibat dalam situasi itu, tidak kompak, kami membiarkan mereka memainkan bola, membuat umpan silang dan pencetak gol benar-benar bebas di dalam kotak penalti.”

Mantan pelatih Borussia Dortmund itu juga mengkritik bek Liverpool karena gagal mengkoordinasikan jebakan offside yang bisa mencegah West Brom menambah gol ketiga sebelum jeda.

“Gol ketiga West Brom di injury time babak pertama. Itu seharusnya bisa offside, tapi tidak bisa dipercaya, dia (Rodriguez) lolos” kata Klopp. “Ini mudah untuk bertahan, Anda ke depan, mereka mengumpan bola dan (Craig) Dawson akan terperangkap offside. Tapi, dia tidak, dan dia merayakan gol.”

Klopp menurunkan pemain terbaiknya melawan West Brom di lini belakang, termasuk bek termahal dunia Virgil van Dijk yang didatangkan dari Southampton senilai 75 juta pounds (Rp1,36 triliun). Van Dijk berkolaborasi dengan Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, dan Alberto Moreno sebagai starter.(BM)