Apriyani Rahayu (belakang) dan Greysia Polii. (Istimewa)

Ganda Putri Lolos Semifinal

JAKARTA (IndependensI.com) – Ganda putri Indonesia memastikan satu tempat di semifinal India Open 2018 yang digelar di Siri Fort Indoor Stadium, setelah dua wakilnya Rizki Amelia/Della Destiara dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu bertemu di perempat final, Jumat (2/2).

Seperti dikutip dari rilis Humas PP PBSI, Kamis (1/2), Greysia/Apriyani lolos terlebih dahulu ke delapan besar usai menaklukkan ganda Hong Kong Ng Wing Yung/Yeung Nga Ting dengan skor 21-19, 22-20 di babak kedua India Terbuka 2018. Sedangkan Rizki/Della kemudian menyusul dengan mengandaskan perlawanan pasangan Malaysia Chiew Sien Lim/Mei Xing Teoh dengan skor 21-6, 21-15.

“Kami sudah sering latihan bersama-sama di pelatnas, tinggal yang siap saja di lapangan, dia yang akan menang. Kami berharap bisa ke semifinal dulu,” ujar Greysia. Dia melanjutkan, demi melaju sampai empat besar, dia dan pasangannya akan mengevaluasi laga kontra pasangan Hong Kong di mana mereka sempat kesulitan meski akhirnya menang dengan skor ketat. “Kami gampang membuat kesalahan sendiri. Untungnya di poin-poin akhir kami lebih fokus,” tutur dia.

Sementara itu ganda putra andalan Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon harus melewati tujuh kali “deuce” pada game kedua sebelum menaklukkan pasangan Thailand Tinn Isriyanet/Kittisak Namdash dengan skor 21-18, 28-26 pada babak kedua India Open 2018. Menurut Kevin Sanjaya, kunci kemenangan mereka di laga tersebut adalah tampil tenang di poin-poin kritis. “Kami fokus mendapatkan poin demi poin dan tidak mau menyerah walau tertinggal. Sebelum pertandingan selesai, selalu ada kesempatan,” ujar Kevin seperti dikutip dari Antara.

Pertandingan itu sendiri berlangsung ketat sejak awal, meski pada akhirnya Kevin/Marcus yang memenangkan gim pertama 21-18. Game kedua, Kevin/Marcus beberapa kali melakukan kesalahan beruntun yang sempat membuat pasangan nomor satu dunia itu tertinggal jauh 14-9. Namun, ganda Indonesia yang kerap dijuluki “Minons” tersebut berhasil menekan balik Isriyanet/Namdash dan memperoleh lima angka beruntun sehingga kedudukan menjadi 14-14.

Kevin/Marcus terus berjibaku demi memastikan kemenangan. Akan tetapi, justru Isriyanet/Namdash yang terlihat akan merebut set kedua setelah unggul 20-19. Pasangan Indonesia belum menyerah dan memaksakan kondisi “deuce” di 20-20. Setelah harus mengalami enam kali “deuce” tambahan, Kevin/Marcus berhasil mengukir kemenangan di laga itu dengan skor 28-26. Di fase selanjutnya, perempat final, Jumat (2/2), Kevin/Marcus akan berhadapan dengan ganda tuan rumah Manu Attri/Reddy B. Sumeeth yang di babak kedua menaklukkan rekan senegaranya Tushar Sharma/Chandrabhusan Tripathi 21-11, 21-15.