foto istimewa

Fasilitas Rusun Atlit Kemayoran Sangat Baik, INASGOG Beri Apresiasi Kementerian PUPR

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Ketua Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC) Eric Tohir menilai hasil pembangunan dan fasilitas di Rusun Atlet untuk wisma atlet pada event Asian Games 2018 mendatang sangat baik. INASGOC berharap Rusun ini ke depan bisa menjadi wisma atau tempat tinggal yang nyaman bagi para atlet tamu dari luar negeri yang akan berkompetisi di ajang Asian Games bulan Agustus 2018 mendatang.

“Kami (INASGOC-red) menilai fasilitas dan hasil pembangunan athlete village atau wisma atlet di Kemayoran sangat baik,”ujar Eric Tohir usai melakukan peninjauan lapangan di Rusun Atlet Asian Games di Kemayoran, Jakarta, Kamis (1/2/2018).

Dirinya menjelaskan, dari hasil pengamatannya di lapangan, sejumlah fasilitas Rusun Atlet yang dibangun oleh Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memiliki kualitas yang sangat baik.

“Kualitas Rusun ini bisa dikatakan seperti apartemen sekelas bintang dua atau tiga. Kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Basuki (Menteri PUPR-red) serta timnya atas hasil pembangunan dan kerja kerasnya membangun wisma atlet ini,” ujar Eric

Pada kunjungannya itu, Eric yang mengenakan batik berwarna coklar kemerahan didampingi oleh Kepala Satuan Kerja Pengembangan Perumahan Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Erizal serta sejumlah panitia Asian Games dari Sekretariat Negara, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).  Mereka memulai peninjauan dari halaman depan yang kini mulai digarap pembangunan taman oleh para petugas.

Kemudian peninjauan dilanjutkan ke lantai empat di tower 2 yang berada di samping Rumah Sakit Mitra Keluarga Kemayoran. Sejumlah unit Rusun Atlet pun mereka masuki. Rusun atlet yang dibangun oleh Kementerian PUPR memang sudah dilengkapi berbagai fasilitas yang baik.

“Kami berharap fasilitas ini nantinya juga bisa dinikmati oleh para PNS maupun masyarakat yang tinggal di Rusun Atlet ini usai ajang Asian Games 2018,” tambah Eric.

Sementara itu, Kepala Satuan Kerja Pengembangan Perumahan Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Erizal menjelaskan, pembangunan Rusun Atlet Asian Games telah selesai 100 persen. Saat ini yang ada hanyalah pengerjaan taman di bagian halaman depan serta pemeliharaan rutin.

Sebagai informasi, Kementerian PUPR membangun sebanyak 10 tower Rusun untuk wisma atlet. 10 tower tersebut dibangun di dua lokasi yakni 7 tower 5.494 unit dengan daya tampung 16.482 orang di Blok D10 Kawasan Kemayoran tepatnya di samping RS Mitra Keluarga Kemayoran. Sisanya tiga tower dibangun di Blok C2 yang berlokasi sebelum pintu tol Ancol. Tiga tower tersebut dibangun sebanyak 1.932 unit dengan daya tamping 5.796 orang.

Setiap unit di Rusun atlet tersebut memiliki dua kamar tidur, ruang tamu serta kamar mandi dan dapur serta ruang jemur. Berbagai fasilitas lain seperti fasilitas olahraga serta parker kendaraan yang cukup luas, kantin serta ruang terbuka pun sudah disedaiakan untuk menunjang pelaksanaan Asian games 2018 mendatang.

Fasilitas lain yang disediakan oleh Kementerian PUPR sebagai bentuk dukungan terhadap perhelatan Asian Games adalah meja dan kursi tamu, kemudian lemari pakaian serta tempat tidur plus AC pendingin di setiap kamar. Di kamar mandi pun sudah terpasang pemanas air serta ada ruang jemuran serta dapur di bagian belakang unit Rusun.

“Setiap unit Rusun sudah dilengkapi dengan fasilitasnya. Para atlet nantinya tinggal masuk saja. Pihak INASGOC juga sudah menggandeng para petugas untuk memandu para tamu,” pungkas Eric.